• Minggu, 26 Juni 2022

Ternyata Olahraga Tidak Semuanya Membakar Lemak, Bagaimana Seharusnya? Begini Polanya

- Senin, 29 November 2021 | 11:10 WIB
Olahraga sepeda (Foto: Sepedaku.org)
Olahraga sepeda (Foto: Sepedaku.org)

NEWSmediaOlahraga tidak melulu harus ke pusat kebugaran atau ke gym juga. Ada banyak bentuk olahraga yang juga bisa membakar lemak yang ada opada tubuh kita juga loh. 

Lantas olahraga atau Latihan apa yang bisa menguras atau membakar lemak ?

Secara umum, pola latihan dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah LISS (low intensity steady state) dan yang kedua adalah HIIT (high intensity interval training).

Baca Juga: Suka Sakit Kepala Setelah Olahraga, Ternyata Ini Penyebabnya

LISS atau yang sering kita sebut dengan aerobic. Aerobic yang ini berbeda dengan aerobic yang seperti umum kita ketahui. Dan aerobic yang dimaksud adalah dengan udara.

Artinya adalah kita melakukan olahraga seperti jalan santai, kemudian renang ringan, atau bersepeda santai dan ini termasuk dalam LISS.

Jadi, dengan kecepatan konstan dan tidak membuat denyut jantung kita berdebar dengan kencang sehingga nyaris tidak seperti olahraga.

Dan bahkan sambil melakukan olahraga tersebut, kita bisa sambal main hp, atau ngobrol dengan teman kita. Tetapi kelebihan olahraga ini 30 menit pertama yang dibakar adalah gula darah atau gula di dalam tubuh kita sehingga lebih sehat.

Baca Juga: 4 Olahraga Terbaik untuk Jaga Kesehatan Mental

Kemudian 30 menit selanjutnya, barulah lemak akan dibakar. Contohnya, ketika kita berolahraga selama 45 menit, 30 menit pertama adalah gula dulu yang dibakar, kemudian 15 menit lemak yang akan dibakar selama olahraga itu saja. 

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini