• Kamis, 18 Agustus 2022

Manfaat Surat Al-Kafirun, Bisa Memperkuat Pondasi Keimanan Seorang Muslim

- Senin, 29 November 2021 | 18:57 WIB
Ilustrasi (Pixabay/ SuleymanKarakas)
Ilustrasi (Pixabay/ SuleymanKarakas)

NEWSmedia – Surat Al Kafirun adalah salah satu surat yang ada di dalam Al Quran dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah karena diturunkan saat Nabi Muhammad SAW sedang berada di Mekkah.

Surat ini menjadi salah satu surat pendek, karena hanya berisi 6 ayat, dan sering menjadi salah satu surat yang dibaca dalam ibadah sholat.

Surat Al-Kafirun ini diturunkan ketika kaum kafir laknatullah berusaha mempengaruhi Nabi Muhammad SAW dengan menawarkan kekayaan agar beliau menjadi seorang yang paling kaya di kota Makkah.

Baca Juga: Cara Cek Saldo KIP, Mudah dan Tanpa Harus ke Bank, Berikut Langkah-langkahnya

Pada saat itu pula, kaum kafir mengatakan kepada Nabi Muhammad SAW akan dinikahkan dengan perempuan yang ia kehendaki.

Surat ini sangat terkenal karena kandungannya mengajarkan kita untuk bertoleransi antar umat beragama.

Dalam kitab suci Al-Quran, diperintahkan untuk menghormati penganut agama lain. Seperti dalam potongan akhir ayat surat tersebut yang artinya, 'Untuk mu agama mu dan untuk ku agama ku'

Baca Juga: Pengamat Musik Bens Leo Meninggal Dunia Setelah Terpapar Covid-19, Sempat Dirawat di RS Fatmawati Jakarta

Menurut Syeikh Ibnu ‘Abbaz, membaca empat kali surat ini sama dengan menghatam Al-Quran. Meski demikian, bukan berarti seorang muslim tidak perlu lagi membaca Alquran.

Sebab seorang muslim hendaknya membaca Al-Quran setiap hari, Surat ini sering dijadikan sebagai bacaan menjelang tidur sebagai isyarat bahwa seorang muslim harus melakukan ibadah kepada Allah SWT untuk menjaga imannya.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini