• Minggu, 7 Agustus 2022

Covid Varian Baru Omicron Menyerang, Indonesia Tutup Akses untuk 8 Negara Afrika

- Selasa, 30 November 2021 | 11:05 WIB
Ilautrasi Virus Covid 19 (Foto Ilustrasi/ Pixabay)
Ilautrasi Virus Covid 19 (Foto Ilustrasi/ Pixabay)
NEWSmedia - Varian Covid baru yang dikenal sebagai varian Omicron mulai menyerang. Untuk mengantisipasi penyebaran virus jenis baru ini, masyarakat diminta waspada untuk tetap menjalankan prokes, mengurangi kunjungan ke tempat umum serta menjaga kebersihan dengan tetap menjalankan aturan pemerintah.
 
Untuk mengantisipasinya pemerintah akhirnya memutuskan menolak sementara kunjungan dari 8 negara Afrika dimana virus ini berasal. 
 
Delapan negara itu ialah Afrika Selatan, Botswana, Nambia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria. Jika ada kunjungan dari diplomat atau kunjungan resmi kenegaraan maka mereka harus dikarantina selama kurun waktu 14 (empat belas) hari.
 
 
Hal ini diambil karena untuk mengantisipasi merebaknya virus tersebut ke indonesia, hal ini juga sebagai bentuk pencegahan dari persebaran varian virus baru ini.
 
Di lansir NEWSmedia dari situs WHO, varian covid terbaru ini pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan, pada 9 November 2021.
 
Sementara kasus infeksi ini baru dilaporkan ke WHO pada 24 november lalu WHO memasukkan mutasi virus baru ini dengan kode B.1.1.529 dan diberi nama Omicron.
 
Varian Omicron menurut penelitian para ahli menular lima kali lebih cepat daripada varian delta, meski demikian belum ada laporan soal tingkat vatalitasnya pada penderita. 
 
 
Merebaknya varian baru Covid 19 ini membuat ssejumlah negara waspada dan mulai membuat batasan dan kunjungan dari berbagai negara Afrika. Bahkan di Eropa sejumlah negara sudah melaporkan adanya penderita Covid 19 jenis baru ini.
 
Jerman bahkan mendeteksi adanya 2 terduga warga yang terinfeksi Omicron sementara Australia juga melaporkan satu warganya terkena Covid 19 varian baru ini. Sementara Inggris juga mencatat ada 2 suspek Omicron masuk ke negaranya.
 
WHO juga meminta kepada seluruh negara untuk mengantisipasi adanya wabah jenis baru ini dengan melakukan tindakan yang dapat mengantisipasi menyebarnya virus ini di masyarakat.
 
 
 
Menanggapi hal ini, pemerintah lewat Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham menerbitkan surat edaran yang melarang warga negara dari delapan negara ini untuk masuk ke Indonesia untuk sementara waktu.
 
Varian Omicron ditemukan memiliki banyak mutasi yang diantaranya mengkhawatirkan, hal ini karena virus jenis baru ini memiliki kemampuan reinfeksi tinggi dibanding virus jenis lainnya.***
 
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini