• Sabtu, 22 Januari 2022

Gunung Semeru Meletus, Situasi Lumajang Siang Hari Sudah Seperti Malam Hari Dampak dari Erupsi

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:42 WIB

NEWSmedia – Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021 sore. Letusan gunung itu sebelumnya ditandai dengan munculnya lava kecil dan asap tebal.

Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Erupsi hebat terjadi sekitar pukul 15.30 WIB yang mengakibatkan keluarnya awan panas yang menyelimuti sebagian langit.

Warga mulai mengungsi untuk menyelamatkan diri, karena awan panas atau yang biasa disebut Wedus Gembel dan abu vulkanik turun ke pemukiman.

Baca Juga: Penampakan Gunung Semeru Meletus Keluarkan Awan Panas Tebal, Warga Berhamburan Selamatkan Diri

Video erupsinya Gunung Semeru yang beredar di media sosial adalah rekaman video warga setempa. Dalam video terlihat awan berwarna abu-abu tebal yang mengarah ke pemukiman warga.

Dalam video juga terlihat warga panik dan berlarian menyelematkan diri. “ Ya Allah.. Allahu Akbar” terdengar suara seseorang pada video tersebut.

Setelah erupsi, saat ini di daerah Lumajang gelap. Meskipun siang terlihat seperti malam hari akibat awan yang menyelimuti daerah tersebut.

“Abu Vulkanik Semeru hari ini jam 4 sore sudah seperti malam hari,” tulis seorang warganet pada akun Twitter dengan nama @pambudi_dhani.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari pemerintah atau pihak terkait.***

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X