• Kamis, 27 Januari 2022

8 Manfaat Soda Kue untuk Masalah Kesehatan, Dapat Meredakan Sariawan dan Menghilangkan Bau Badan

- Selasa, 7 Desember 2021 | 12:10 WIB
Ilustrasi soda kue.
Ilustrasi soda kue.
NEWSmedia - Soda kue atau juga dikenal dengan natrium bikarbonat ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain digunakan sebagai campuran bahan masakan atau kue, soda kue juga dapat digunakan untuk berbagai masalah kesehatan lainnya. 
 
Kamu mungkin merasa asing dengan rasa soda kue. Karena biasanya bahan ini tidak dimakan secara langsung melainkan menjadi bahan campuran untuk kue atau kebutuhan lain.
 
Senyawa kimia yang dapat larut dalam air ini merupakan kelompok garam seperti kristral berbentuk serbuk yang telah digunakan sejak lama di dunia kuliner. Selain itu, nutrisi menunjukan bahwa soda kue mangandung natrium sebanyak 27, 360 mg. 
 
 
Lalu apa saja manfaat soda kue yang harus diketahui untuk membantu masalah kesehatan ?
 
Dikutip NEWSmedia dari sejumlah sumber, berikut adalah manfaat soda kue bagi kesehatan menurut para ahli.
 
1. Mengurangi Mulas
 
Menurut Niket Sonpal, seorang asisten kedoktoran klinis di Touro College of Ostheopatic Medicine mengatakan, soda kue dapat membantu mengobati sakit maag dengan menetralkan asam lambung karena soda kue sendiri merupakan basa.
Caranya? Kamu bisa melarutkan satu sendok soda kue dalam segelas air dingin dan minum campurannya secara perlahan.
 
2. Mengatasi Sariawan
 
Menurut Candi Sebold seorang dokter gigi keluarga di Broklyn mengatakan bahwa jika kamu mengalami sariawan yang menyakitkan, berkumur menggunakan soda kue dan air akan menetralkan asam lambung dan juga meredakan rasa sakitnya.
 
Campurkan setengah sendok teh soda dengan setengah cangkir air hangat lalu berkumurlah.
 
 
3.Melawan Plak
 
Dijelaskan oleh Jared Cox DDS dari Today's Family Destistry di Searcy yang mengatakan, bahwa soda kue adalah bahan pembersih yang lembut dan secara efektif dapat menghilangkan noda dari permukaan email gigi tanpa terlalu abrasif. 
 
Kamu bisa mencampurkan soda kue dengan sedikit air kemudian menggunakannya seperti pasta gigi.
 
4. Memutihkan gigi
 
Selain plak gigi, soda kue juga bermanfaat untuk memutihkan gigi. Ini karena soda kue juga berperan sebagai antibakteri yang mencegah kuman kuman menempel pada gigi.
Kamu bisa menggunakan soda kue berapa kali seminggu bersama pasta gigi yang mengandung fluoride menampilkan hasil yang memuaskan.
 
 
5. Membersihkan Makanan
 
Menurut Lina Velikova, direktur medis di Synevo Bulgaria mengatakan bahwa cara terbaik untuk mencegah kamu mengkonsumsi pestisida adalah dengan mengupas kulit buah dan sayuran tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa meredam buah dan sayuran menggunakan soda kue selama 15 menit dapat membunuh hampir semua pestisida.
 
6. Menghilangkan bau badan 
 
Soda kue dipercaya dapat digunakan sebagai deodoran alami untuk membantu menghilangkan bau badan. Bakteri yang membuat ketiak bau dan keringat yang merupakan produk limbah dapat diredakan dengan  soda kue yang mengandung banyak basa. Kamu hanya tinggal menepukan soda kue  pada ketiak atau bagian tubuh lainnya yang bau.
 
 
7. Menenangkan Kulit
 
Jika kamu menghabiskan waktu atau kegiatan di bawah sinar matahari terlalu lama kamu mungkin bisa menggunakan soda kue untuk membantu mengurangi rasa sakit dari sengatan matahari. Kamu bisa menambahkan satu sampai dua cangkir soda kue ke dalam bak mandi hangat.
 
8. Meredakan gatal
 
Jika kamu menderita masalah kulit seperti eksim atau ruam lainnya soda kue mungkin bisa menjadi salep yang yang ampuh.
 
National Eczema Foundation merekomendasikan untuk menggunakannya dengan cara mencampur 1/4 cangkir soda kue ke dalam air hangat dan berendam sampai 15 menit.
 
 
Itulah beberapa manfaat soda kue untuk mengatasi masalah kesehatanmu. Sebelum memilih untuk menggunakannya kamu tentu perlu berkonsultasi dengan dokter mu untuk menggunakan produk-produk tertentu.***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kata OJK Indonesia tentang CFG Football, Ternyata!

Senin, 24 Januari 2022 | 13:53 WIB
X