• Minggu, 29 Mei 2022

Posko PPP Peduli Buka Dapur Umum di Desa Terdampak Erupsi Semeru, Sediakan Makanan Setiap Hari untuk Pengungsi

- Selasa, 14 Desember 2021 | 11:50 WIB
Tim Dapur Umum di Posko PPP Peduli bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. (Dok. Ligana PPP)
Tim Dapur Umum di Posko PPP Peduli bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. (Dok. Ligana PPP)

NEWSmedia – Ribuan masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, berada di pengungsian. Lebih dari 6.500 warga yang berada di pengungsian tersebar di 126 titik. 

Gunung Semeru mengalami erupsi dan mengeluarkan awan panas pada Sabtu 4 Desember 2021. Sebanyak 45 orang meninggal dunia dan sembilan orang hilang akibat bencana alam tersebut.

Pemerintah setempat juga mendata korban luka berat sebanyak 19 orang dan luka ringan/luka bakar 19 orang. Adapun kerugian material sementara ada sebanyak 2.970 rumah dan 33 fasilitas umum yang rusak.

Baca Juga: Perjalanan Karier dan Profil Haji Lulung, Tokoh Ibu Kota Politisi PPP yang Kena Serangan Jantung

Sesaat setelah bencana melanda, tim Satgas Lembaga Lingkungan dan Tanggap Bencana (Ligana) Partai Persatuan Pembangunan bersama organisasi sayap PPP langsung turun ke lokasi membawa logistik bantuan untuk masyarakat terdampak bencana.

Kader Partai Ka'bah itu mendirikan Posko PPPP Peduli dan dapur umum untuk menyediakan makanan bagi korban bencana erupsi Gunung Semeru.

Posko PPP Peduli dan Dapur umum PPP didirikan di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Desa itu juga salah satu yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru.

“Kami dari Lembaga Lingkungan dan Tanggap Bencana Partai Persatuan Pembangunan, bersama-sama dengan AMK, GPK, GMPI dan WPP hadir untuk saudara-saudara kita di Lumajang. Semoga kehadiran kami dapat membantu masyarakat yang terdampak,” kata Ketua Ligana DPP PPP, Iip Miftahul Choiry, Selasa, 14 Desember 2021.

Baca Juga: Petisi Boikot Nikita Mirzani Nyaris Tembus 200.000 Tanda Tangan, Berikut Link dan Kumpulan Alasan Mendukung

Iip yang merupakan anggota Komisi II DPR RI ini mengungkapkan, sesaat setelah terjadi erupsi, tim relawan PPP langsung turun ke lokasi membantu evakuasi warga ke tempat yang aman.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini