• Minggu, 22 Mei 2022

KORMI Kota Serang Selenggarakan Festival Olahraga Tradisional, Lestarikan 'Kekayaan' yang Hampir Hilang

- Minggu, 19 Desember 2021 | 17:49 WIB
Festival olahraga tradisional KORMI Kota Serang
Festival olahraga tradisional KORMI Kota Serang

NEWSmedia - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia atau KORMI Kota Serang menggelar festival olahraga tradisional.

Olahraga tradisional yang digelar KORMI Kota Serang tersebut diselenggarakan di lapangan Pengampelan, Kampung Ampel, Kelurahan Pengampelan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, pada Minggu 19 Desember 2021.

Ketua Pelaksana, Herlin Saputra mengatakan, ada enam cabang olahraga tradisional yang dilombakan pada festival tersebut, di antaranya egrang, bentengan, bakiak panjang, gatrik, dagongan dan gobak sodor.

Baca Juga: SHINee Bagikan Momen Mengingat 4 Tahun Meninggalnya Jonghyung yang Bunuh Diri Karena Depresi

"Masyarakat setempat pun cukup antusias. Alhamdulillah melalui kegiatan festival ini, olahraga-olahraga tradisional yang nyaris punah dapat tersosialisasikan," kata Herlin.

Ia menjelaskan tujuan digelarnya kegiatan ini, yaitu melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan olaharaga rekreasi masyarakat Kota Serang, memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat Kota Serang.

"Outputnya adalah menyebarluaskan dan memberdayakan peran serta masyarakat dalam pengembangan keutuhan jasmani dan rohani serta hubungan sosial dengan kebiasaan hidup sehat, bugar, gembira, kreatif dan produktif," ucapnya.

Baca Juga: Dewi Rindu Episode 10 pada 19 Desember 2021, Maya Tertabrak Mobil saat hendak Menolong Rindu, Cek Trailernya

Sementara itu, Ketua KORMI Kota Serang, Jumhadi mengatakan, olahraga tradisional merupakan 'kekayaan' berharga peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan agar tidak lekang dimakan waktu.

"Selain bisa membuat sehat, bugar dan gembira, setiap jenis olahraga tradisional, dipastikan sarat dengan makna dan pesan berharga yang tersimpan di dalamnya," kata Jumhadi.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini