• Minggu, 29 Mei 2022

Syarat dan Ketentuan Naik Kereta Api Antar Kota Selama Libur Nataru, Ada Aturan Dilarang Makan dan Minum

- Kamis, 23 Desember 2021 | 13:14 WIB
Foto Ilustrasi: Gerbong kereta api/Pexels
Foto Ilustrasi: Gerbong kereta api/Pexels

NEWSmedia - Libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru) sudah di depan mata. Tidak sedikit masyarakat yang ingin menghabiskan akhir tahun dengan berlibur di sejumlah daerah, seperti tempat wisata maupun ke kampung halamannya. 

Untuk perjalanan libur, masyarakat menggunakan berbagai moda transportasi. Salah satunya kereta. Selain ekonomis, kereta api juga dapat menghantarkan ke berbagai kota di indonesia.

Namun ada syarat dan ketentuan bagi penumpang kereta api yang akan berpergian antar kota selama libur Nataru. Berikut syarat dan ketentuan naik ketera api pada saat liburan Natal 2021 dan Tahun baru 2022:

KA Antar Kota:

  1. Pelaku perjalanan wajib menunjukkan bukti telah vaksin lengkap (dosis pertama dan kedua), dengan kartu vaksin atau aplikasi Peduli lindungi. 
  2. Pelaku perjalanan usia dewasa (di atas 17 tahun) yang tidak vaksin dosis lengkap karena alasan medis maupun belum mendapatkan vaksin dosis lengkap, maka tidak diperkenankan melakukan perjalanan.
  3. Ketentuan vaksin dikecualikan untuk pelaku perjalanan di bawah usia 12 tahun, namun wajib didampingi orang tua saat melakukan perjalanan.
  4. Wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam. kurun waktu 3x24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.
  5. Pelaku perjalanan usia di bawah 12 tahun, wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

KA Lokal / Jarak Dekat atau Aglomerasi: 

  1. Pelaku perjalanan wajib menunjukkan bukti telah vaksin minimal dosis pertama, dengan kartu vaksin atau aplikasi Peduli Lindungi.
  2. Ketentuan yaksin dikecualikan untuk pelaku perjalanan di bawah usia 12 tahun, namun wajib didampingi orang tua saat melakukan perjalanan.
  3. Menunjukkan surat keterangan dari dokter RS pemerintah, apabila belum dapat divaksin karena kondisi medis tertentu.
  4. Tidak diwajibkan melakukan skrining dengan RT-PCR, antigen, STRP atau surat perjalanan lainnya.

PROTOKOL KESEHATAN YANG WAJIB DIPATUHI

  1. Wajib menggunakan masker dengan benar, menutupi hidung dan mulut.
  2. Perhatikan instruksi petugas dan jaga jarak.
  3. Dilarang berbicara satu arah maupun dua arah.
  4. Rajin mencuci tangan.
  5. Tidak diperkenankan makan-minum pada perjalanan <2 jam, kecuali yang wajib mengonsumsi obat obatan.
  6. Bepergian dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam), suhu badan <37,3 derajat celcius.

Demikian syarat dan ketentuan naik kereta api antar kota selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.***

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini