• Kamis, 26 Mei 2022

Habib Bahar bin Smith Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Penyebaran Berita Bohong, Ancaman 5 Tahun Penjara

- Selasa, 4 Januari 2022 | 10:43 WIB
Habib Bahar bin Smith saat memenuhi panggilan Polda Jawa Barat. (Foto: PMJ News/Polri TV)
Habib Bahar bin Smith saat memenuhi panggilan Polda Jawa Barat. (Foto: PMJ News/Polri TV)

NEWSmedia - Habib Bahar bin Smith pemimpin Ponpes Tajul Alawiyyin akhirnya ditetapkan sebagai tersangka setelah kasus penyebaran berita bohong.

Polda Jawa Barat menahan Habib Bahar bin Smith setelah statusnya ditetapkan sebagai tersangka yang akan dijerat dengan pasal berlapis dengan ancaman penjara lima tahun.

"Penahanan tentunya penyidik memiliki alasan subjektif dan objektif," terang Dirreskrimsus Polda Jabar Kombes Pol Arief Rachman kepada dikutip NEWSmedia dari laman PMJ News pada Selasa 4 Januari 2022.

Baca Juga: Info Lowongan Kerja BAZNAS untuk Lulusan S1: Simak Posisi, Cara Mendaftar dan Klasifikasinya Berikut Ini!

"Alasan subjektif dikhawatirkan mengulangi tindakan pidana, dikhawatirkan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti," sambungnya.

Sebagaimana dilansir NEWSmedia dari laman PMJ News, dalam kasus penyebaran berita bohong yang dilakukan oleh Habib Bahar Bin Smith, polisi yang menjerat pasal berlapis tersebut antara lain pasal 14 ayat 1 dan 2 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana Jo Pasal 55 KUHP.

Baca Juga: Manfaat Bekam Menurut dr Zaidul Akbar, Bukan Sekedar Mengeluarkan Darah Kotor

Semenatara itu, terdapat juga Pasal 15 UU nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana Jo Pasal 55 KUHP dan Pasal 28 ayat 2 Jo Pasal 45A UU ITE Jo Pasal 55 KUHP.

Penyebaran informasi bohong ini dilakukan oleh Habib Bahar Bin Smith ini terkait dengan ceramahnya di Kabupaten Bandung, Jawa barat.

Baca Juga: Ramalan Shio Hari Ini Selasa 4 Januari 2022: Simak Untuk Shio Kuda, Shio Ayam, dan juga Shio Anjing

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini