• Kamis, 30 Juni 2022

Profil dan Biodata Elizabeth Holmes, Miliarder Wanita Termuda Terdakwa Kasus Penipuan Startup Theranos

- Selasa, 4 Januari 2022 | 19:08 WIB
Elizabeth Holmes. (Foto: Tangkap Layar Instagram @elizabethholmesofficial) (NEWSmedia)
Elizabeth Holmes. (Foto: Tangkap Layar Instagram @elizabethholmesofficial) (NEWSmedia)

NEWSmedia - Elizabeth Anne Holmes, atau yang pupolar dengan nama Elizabeth Holmes adalah pengusaha di Amerika Serikat yang kini mengalami kebangkrutan.

Wanita kelahiran 3 Februari 1984 itu merupakan pendiri dan kepala eksekutif Theranos, sebuah perusahaan teknologi kesehatan yang sekarang sudah tidak beroperasi lantaran kasus dugaan peniouan.

Kasus ini mencuat setelah perusahaan mengklaim telah merevolusi pengujian darah dengan mengembangkan metode pengujian yang dapat menggunakan volume darah yang sangat kecil, seperti dari tusukan jari.

Baca Juga: Rilis Perdana Film Marvel Jared Leto Morbius Ditunda untuk Kelima Kalinya, Sony Picture Umumkan Jadwal Terbaru

Dari berbagai informasi yang dihimpun NEWSmedia, pada tahun 2015, Forbes telah menobatkan Holmes sebagai miliarder wanita termuda dan terkaya di Amerika Serikat. Hal itu berdasarkan penilaian perusahaannya sebesar 9 miliar US Dollar.

Tahun berikutnya, menyusul pengungkapan potensi penipuan tentang klaim Theranos, Forbes merevisi perkiraan kekayaan bersih Holmes menjadi nol.

Fortune pun menamainya dalam artikel fiturnya tentang "19 Pemimpin Paling Mengecewakan di Dunia". Bernalik 180 derajat bagi Elizabeth Holmes.

Baca Juga: Game Sendok Menggunakan Sutil Berhadiah Uang Puluhan Juta Trending Youtube, Salah Satunya Dimainkan Ruben Onsu

Penurunan Theranos dimulai pada tahun 2015, ketika serangkaian investigasi jurnalistik dan peraturan mengungkapkan keraguan tentang klaim teknologi perusahaan dan apakah Holmes telah menyesatkan investor dan pemerintah.

Pada tahun 2018, Komisi Sekuritas dan Bursa AS menuduh Theranos dan Holmes menipu investor dengan "penipuan besar-besaran" melalui klaim palsu atau berlebihan tentang keakuratan teknologi pengujian darah perusahaan.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini