• Minggu, 22 Mei 2022

Ubedilah Badrun Laporkan Dua Anak Presiden Jokowi ke KPK, Gibran Rakabuming Merespons Santai

- Rabu, 12 Januari 2022 | 06:30 WIB
Gaya santai anak Presiden Jokowi (Kiri), dan Dosen UNJ Ubedilah Badrun. (Foto: Kolase Instagram)
Gaya santai anak Presiden Jokowi (Kiri), dan Dosen UNJ Ubedilah Badrun. (Foto: Kolase Instagram)

NEWSmedia – Gibran Rakabuming Raka dan adiknya Kaesang Pangarep dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Ubedilah Badrun, seorang dosen dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Ubedilah Badrun melaporkan kedua anak Presiden Jokowi itu terkait dugaan pencucian uang atau tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Akademisi 49 tahun ini menyebutkan bahwa Gibran dan Kaesang terlibat dalam kasus pembakaran hutan yang dilakukan oleh grup bisnis berinisial PT SM. Selain terlibat TPPU, keduanya disebut Ubedilah Badrun juga terlibat korupsi; kolusi; dan nepotisme (KKN).

Baca Juga: Pelatih Shin Tae-yong Blak-blakan Ungkap Pendapatnya Tentang Perempuan Indonesia di Podcast Deddy Corbuzier

Dugaan KKN itu menurut pria yang akrab disapa Ubed itu sangat jelas melibatkan kedua putra Jokowi dengan anak petinggi PT SM yaitu AP.

Perusahaan tersebut dituntut oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebanyak Rp7,9 triliun akibat ulah pembakaran hutan pada tahun 2015.

Namun pada tahun 2019, Mahkamah Agung ternyata mengabulkan tuntutan yang diberikan kepada PT SM hanya senilai Rp78 miliar.

Ubedilah Badrun menduga bahwa Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ikut terlibat dan bergabung dengan PT SM.

"Itu terjadi pada Februari 2019 setelah anak presiden membuat perusahaan gabungan dengan anak petinggi perusahaan PT SM," kata Ubedilah Badrun di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin, 10 Januari 2022, usai melaporkan Gibran dan Kaesang dikutip NEWSmedia dari pikiran-rakyat.com.

Baca Juga: Profil dan Biodata Fuji yang Berperan Sebagai Amora di Film 'Bukan Cinderella' yang Akan Tayang Tahun 2022

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini