• Kamis, 26 Mei 2022

Apa Itu Vaksin Booster dan Siapa Saja yang Bisa Mendapatkannya, Cek Jadwal dan Syaratnya Disini!

- Rabu, 12 Januari 2022 | 10:41 WIB
Ilustrasi Vaksinasi 4 November 2021. (Foto: Freepik)
Ilustrasi Vaksinasi 4 November 2021. (Foto: Freepik)

NEWSmedia – Pemprov Banten sudah mengumumkan pelaksanaan vaksinasi booster atau vaksinasi lanjutan bagi seluruh masyarakat.

Terhitung sejak Rabu 12 Januari 2022, vaksinasi booster sudah bisa dilaksanakan di seluruh Puskesmas dan RSUD se Banten.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, dr. Ati Pramudji Hastuti, vaksin booster adalah dosis vaksin tambahan yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadapat penyakit. Hal ini karena efek beberapa vaksin dapat hilang seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Mesut Ozil Akan Merumput di Banten Internasional Stadium: Cek Faktanya Disini!

Bukan hanya Covid 19, vaksin booster juga biasa diberikan untuk jenis infeksi virus lain, seperti flu, tetanus, difteri dan pertusis (DtaP).

Dari keterangan lain disebutkan, ada dua alasan mengapa vaksin booster diperlukan. Pertama karena kekebalan tubuh berkurang seiring waktu. Kedua karena adanya varian virus.

Jenis vaksin yang saat ini boleh dijadikan booster antara lain Sinovac, AstraZeneca, Pfizer dan Moderna. Vaksin Sinovac bisa diberikan setelah 6 bulan, Astrazeneca setelah 3 bulan, Pfizer setelah 8 bulan dan Moderna setelah 1 bulan.

Baca Juga: Profil dan Biodata Kim Seon Ho yang Akan Membintangi Film Terbarunya 'Sad Tropics' di Tahun 2022

Untuk di Banten, siapa saja yang bisa menerima vaksin booster. Karena tidak semua masyarakat bisa mendapatkannya.

Ada 3 syarat untuk bisa menerima vaksinasi booster. Antara lain yang telah menerima vaksinasi primer secara lengkap, yakni vaksinasi dosis 1 dan 2. Kedua, syaratnya waktu vaksinasi kedua sudah  berjarak 6 bulan, dan ketiga syaratnya berusia di atas 18 tahun.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini