• Kamis, 26 Mei 2022

Apa Itu Penyakit OCD, Berikut 4 Gejala yang Dialami Penderita Obsessive Compulsive Disorder

- Kamis, 13 Januari 2022 | 11:46 WIB
Ilustrasi seseorang yang mempunyai penyakit OCD.  (Foto: Pixabay)
Ilustrasi seseorang yang mempunyai penyakit OCD. (Foto: Pixabay)

NEWSmedia - Obsessive Compulsive Disorder atau biasa disebut OCD, merupakan gangguan psikologis yang dapat memengaruhi pikiran (obsesif) dan perilaku (kompulsif) manusia.

Kelainan ini mengganggu pikiran penderitanya dengan menghasilkan rasa gelisah, cemas, khawatir, takut, dan menuntut melakukan hal yang sama berulang kali.

Perilaku ini akan terus dilakukan penderitanya hingga keinginan dari pikiran mereka terpenuhi, namun diduga OCD ini karena adanya masalah pengiriman informasi pada bagian otak yang satu dengan yang lainnya.

Baca Juga: Profil Federico Valverde, Biodata dan Perjalanan Karir Penentu Kemenangan Real Madrid atas Fc Barcelona

Tapi sampai saat ini penyebab dari OCD ini masih belum di ketahui secara pasti sehingga penyebabnya pun masih diduga-duga.

Penderita OCD ini penyebabnya bisa juga dari faktor turunan genetik dari keluarga serta kecelakaan psikologis masa lalu juga bisa memicu seseorang mengalami OCD.

Dikutip NEWSmedia dari laman hello sehat, berikut gejala OCD yang paling sering terjadi:

Baca Juga: Cara Edit Foto dan Video Spiral Betty yang Sedang Viral, Lengkap dengan Link Websitenya

Washers

Jika Anda sering merasa kurang atau bahkan tidak pernah merasa bersih ketika mencuci tangan sehingga Anda akan melakukannya berulang kali, bisa jadi Anda menderita OCD. Gejala ini merupakan gejala umum yang paling sering dialami penderita OCD.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini