• Sabtu, 29 Januari 2022

Pasca Gempa Bumi Magnitudo 6,7 SR di Banten, Gubernur Banten Siap Nyatakan Kondisi Luar Biasa Darurat Bencana

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:15 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim. (Foto/Do/?Adpim)
Gubernur Banten Wahidin Halim. (Foto/Do/?Adpim)

NEWSmedia – Dampak gempa bumi Magnitudo 6,7 SR di Banten, membuat ribuan korban bencana kehilangan tempat tinggal. Belasan sekolah ambruk dan sejumlah fasilitas umum pun rusak.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyatakan akan segera menerbitkan surat keputusan keadaan luar biasa darurat bencana, setelah Bupati Pandeglang dan Bupati Lebak menerbitkan surat keputusan keadaan luar biasa darurat bencana.

Gubernur Bantten juga menginstruksikan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten untuk membangun soliditas dalam penanganan warga terdampak gempa. 

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Sheila Dara Aisha, Perempuan yang Baru Dipersunting Vidi Aldiano

“Kita punya dana cadangan, cadangan beras ada di Dinas Ketahanan Pangan. Kita inventaris bantuan sosial untuk segera disalurkan,” ungkap Gubernur Banten dalam Rapat Koordinasi Penanganan Cepat Bencana Gempa yang terjadi tgl 14 Januari 2022 di Wilayah Kabupaten Pandeglang, Sabtu 15 januari 2022 yang dilakukan secara virtual.

“Saya tunggu pernyataan keadaan luar biasa dari Bupati Pandeglang dan Bupati Lebak untuk lakukan apa yang harus kita lakukan,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur WH juga mengungkapkan setelah penanganan pertama terhadap pengungsi selanjutnya dilakukan penanganan sosial.

Baca Juga: Trailer Snowdrop Episode 10: Terjadinya Konfrontasi Antara Su Ho dengan Kang Chung Ya, Bagaimana Selanjutnya?

“Penanganan terhadap para pengungsi sudah dilakukan dengan baik dan benar sesuai laporan Bupati Pandeglang. Bila perlu, BPBD Provinsi Banten menambah lagi tenda-tenda darurat yang sudah didirikan itu,” ungkapnya.

“Yang sakit dibawa ke rumah sakit atau mendapatkan penanganan kesehatan. Dinas Kesehatan agar bangun soliditas dengan Puskesmas dan tenaga kesehatan. Untuk penanganan sosial segera dirikan dapur umum,” tambah Gubernur WH.***

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X