• Kamis, 26 Mei 2022

Gunung Api Bawah Laut Tonga Meletus, BMKG: Tetap Tenang, Indonesia Tidak Terdampak Tsunami

- Minggu, 16 Januari 2022 | 20:34 WIB
Gunung api bawah laut Tonga meletus (Instagram/ @infobmkg)
Gunung api bawah laut Tonga meletus (Instagram/ @infobmkg)

NEWSmedia - Pada tanggal 15 Januari 2022, gunung api yang terletak di wilayah Tonga memicu terjadinya Tsunami yang menghempaskan daerah pesisir pantai.

Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) memberikan informasi bahwa erupsi gunung api tersebut berpotensi menimbulkan tsunami di wilayah Tonga, Papua New Guinea dan Australia.

Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh PTWC, letusan gunung api tersebut menimbulkan tsunami di daerah Twofold Bay, Australia pada tanggal 15 Januari 2022 pukul 19.05 WIB dengan ketinggian 67 cm.

Baca Juga: Info Gempa Terkini, Minggu 16 Januari 2022: Aceh Barat 4,9 Magnitudo, Pacitan 4,5 Magnitudo

Selain di Australia, tsunami yang diakibatkan oleh letusan gunung api tersebut juga terjadi di daerah Lombrum Manus Island, Papua New Guinea pada tanggal 15 Januari 2022 pukul 20.00 WIB dengan ketinggian 20 cm.

Namun, berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia.

Ancaman tsunami tersebut tidak menimbulkan bahaya di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga: Ramalan Shio Hari Senin 17 Januari 2022: Simak Untukmu Ada Shio Kuda dan Juga Shio Ayam

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Seperti diketahui, gunung api yang terletak di bawah laut lepas pantai Tonga meletus pada Sabtu, 15 Januari 2022 pukul 11:27 WIB dengan koordinat 20,5° LS ; 175,4° BB.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini