• Kamis, 26 Mei 2022

Jepang Diterjang Tsunami: Sekitar 230.000 Warga Dievakuasi, Sebabkan Transportasi Udara dan Laut Ditunda

- Minggu, 16 Januari 2022 | 20:55 WIB
Potret sebaran gelombang Tsunami yang menerjang beberapa wilayah di pantai Jepang (Instagram/@japanmeteorogicalagency)
Potret sebaran gelombang Tsunami yang menerjang beberapa wilayah di pantai Jepang (Instagram/@japanmeteorogicalagency)

NEWSmedia - Kabar bencana alam datang dari Mancanegara dimana Jepang dikabarkan telah diterjang gelombang Tsunami setinggi 1 meter tepatnya di sekitar daerah pantai Pasifik dari Hokkaido ke Okinawa.

Bencana Tsunami tersebut terjadi pada Hari Minggu, 16 Januari 2022 dan diduga disebabkan oleh letusan gunung berapi bawah laut di lepas pantai Tonga.

Akibatnya, pemerintah melalui Badan cuaca Jepang mengeluarkan peringatan Tsunami dan perintah melakuakanb evakuasi sekitar 230.000 warga di daerah terdampak.

Baca Juga: Info Gempa Terkini, Minggu 16 Januari 2022: Aceh Barat 4,9 Magnitudo, Pacitan 4,5 Magnitudo

Dikutip NEWSmedia dari laman Kyodo News pada Minggu 16 Januari 2022, akibat dari bencana Tsunami ini diketahui tidak menyebabkan kerusakan besar dan parah ataupun banjir setelahnya.

Badan cuaca Jepang atau Japan Meteorological Agency juga mengatakan bahwa akan adanya Fluktasi laut yang mungkin tetap berlanjut meskipun tidak akan memicu bencana besar.

Sejauh ini, tidak ada laporan adanya Korban jiwa dalam bencana Tsunami yang melanda daerah di Negeri Sakura tersebut namun dikabarkan beberapa kapal nelayan terbalik.

Baca Juga: Apa Itu Emotional Detachment Disorder, Kenali Gejalanya dan Apa Saja yang Menjadi Penyebab

Atas adanya bencana tersebut dikeluarkan pula peringatan yang menyebabkan penundaan atau pembatalan transportasi umum.

Menurut Badan Penanggulangan Kebakaran dan Bencana Jepang, Hingga saat terjadinya Tsunami ada kurang lebih 229.000 orang di delapan prefektur yaitu Aomori, Iwate, Miyagi, Chiba, Tokushima, Kochi, Miyazaki dan Kagoshima diminta untuk dievakuasi dan menjauhi pantai.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini