• Kamis, 26 Mei 2022

Cara Registrasi Ganti STNK dan BPKB Kendaraan yang Dimodifikasi Berubah Bentuk dan Berganti Warna

- Senin, 24 Januari 2022 | 12:13 WIB
Petugas kepolisian yang mengurus surat-surat kendaraan bermotor. (Dok. Bidhumas Polda Banten)
Petugas kepolisian yang mengurus surat-surat kendaraan bermotor. (Dok. Bidhumas Polda Banten)

NEWSmedia - Memodifikasi tampilan kendaraan kesayangan wajar untuk dilakukan. Tetapi jangan lupa melaporkan pengubahan tampilan mobil atau sepeda motor tersebut ke Kepolisian. Termasuk mengubah bentuk dan warna dasar kendaraan yang tidak sesuai standar.

Secara hukum, kewajiban pelaporan perubahan bentuk dan warna kendaraan diatur dalam Pasal 64 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). 

Dijelaskan bahwa setiap kendaraan wajib dilakukan registrasi termasuk registrasi perubahan identitas kendaraan dan pemiliknya.

Baca Juga: Kenali Gejala Fisik yang Sering Dirasakan Orang Depresi, Apakah Kamu Pernah Mengalami Salah Satunya?

Ketika terjadi perubahan atau modifikasi pada kendaraan bermotor yang mengubah persyaratan konstruksi dan material, maka kendaraan bermotor tersebut wajib melakukan regident ulang.

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto menjelaskan bahwa ada beberapa dokumen persyaratan yang perlu disiapkan terkait ubah bentuk dan ganti warna (Rubentina) pada kendaraan.

Persyaratannya yaitu KTP (Asli), Identitas Perusahaan (NIB, NPWP, Ijin Lokasi Usaha dan surat kuasa), STNK (Asli), BPKB Asli dan Fotokopi dan surat Keterangan Rubah bentuk/warna dari bengkel yang memiliki NPWP dan SIUP.

Baca Juga: Profil dan Biodata Sudirman Sang Pelatih Baru Persija Jakarta: Lengkap dengan Instagram dan Karir-nya!

Berikut ini alur permohonan pengubahan data di STNK dan BPKB yaitu Pemohon Mengisi formulir permohonan, sebagai berikut:

  • Isi data kendaraan bermotor pada formulir yang telah disediakan ;
  • Ke Loket Tata Usaha untuk membuat Berita Acara Rubentina ;
  • Cek fisik Ranmor ;
  • Pembayaran PNBP untuk BPKB dan STNK ;
  • Pendaftaran BPKB ke Polda atau Polres dengan menyerahkan dokumen kendaraan yang telah dilengkapi dengan blanko cek fisik, formulir permohonan STNK dan nomor register yang telah didapatkan dari bagian BPKB untuk diteruskan ke bagian pendaftaran agar diteliti ;
  • Perekaman data oleh petugas ;
  • Pembayaran PKB dan SWDKLLAJ ;
  • Pencetakan STNK dan BPKB 

Adapun rinciannya biaya PNBP STNK untuk kendaraan bermotor roda dua atau tiga adalah Rp100.000 per penerbitan. Sementara bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih yaitu sebesar Rp200.000.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini