• Kamis, 26 Mei 2022

Perjalanan Kehidupan Dorce Gamalama, Artis Indonesia yang Pertama Melakukan Transgender Kini Memprihatinkan

- Senin, 24 Januari 2022 | 13:37 WIB
Dorce Gamalama. (Sumber foto: Instagram Dorce)
Dorce Gamalama. (Sumber foto: Instagram Dorce)

NEWSmedia – Siapa yang tak kenal Dorce Gamalama? Artis senior serba bisa yang sempat tenar pada masanya dan kini hanya bisa terbaring lemah tak berdaya. 

Dalam sebuah tayangan video memperlihatkan Bunda Dorce, sapaan akrabnya sedang hadir menjadi bintang tamu di acara talk show. Ia berbicara dengan menggunakan nada seolah bernyanyi, namun sebenarnya ia sedang mengungkapkan isi hatinya pada mereka yang terus menghinanya.

Pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi ini terlahir sebagai pria. Namun akhirnya dia memutuskan untuk menjadi seorang wanita atau transgender dan melakukan operasi pergantian kelamin di salah satu rumah sakit di Surabaya.

Baca Juga: Lirik Lagu Easy On Me Ciptaan Adele dengan Terjemahannya yang Memuncaki Tangga Lagu Billboard

Mantan presenter kelahiran 1963 tersebut semakin terkenal karena bakat yang dimilikinya. Tak hanya bernyanyi, ia juga bisa menjadi seorang pelawak, beradu acting atau seni peran.

Bahkan ia sempat memandu sebuah acara dan dikontrak oleh salah satu stasiun televisi swasta untuk menjadi presenter dalam acara talk show, yaitu Dorce Show yang sangat fenomenal di tahun 2005.

Kedua orang tuanya yaitu Ahmad dan Halifah meninggal dunia saat Dorce masih anak-anak. Dedi kecil pun dirawat dan dibesarkan oleh sang nenek bernama Siti Darma. Tepat pada usia dua tahun, sang nenek mengajaknya pindah dan menetap di Jakarta.

Karier musik seorang Dorce Gamalama diawali dengan bernyanyi bersama kelompok Bambang Brothers saat mantan presenter itu masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Memasuki usia remaja dan duduk di bangku SMP, ia sudah mulai tidak tertarik pada pelajaran sekolah dan lebih memilih fokus pada karier bernyanyinya.

Baca Juga: CFG Football dan BT Football Scam Berjamaah, Website Sudah Down! Duit Member Ratusan Miliar pun Raib

Selain itu, Dorce pun mulai menyadari tentang ketertarikannya pada pria. Hal itu ia manfaatkan untuk merubah penampilannya saat pentas dengan menjadi seorang wanita dan berhasil membuatnya berkarakter. Sejak saat itulah ia mendapat nama panggilan yaitu Dorce Ashadi, nama tersebut ia dapatkan dari Mirna, ketua kelompok tari.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini