• Kamis, 26 Mei 2022

Fenomena Bulan Hitam dan Waktu Kemunculannya di Indonesia, Peringatan Bahaya untuk Tidak Melaut

- Rabu, 26 Januari 2022 | 14:36 WIB
Ilustrasi fenomena Bulan Hitam. (Foto: Pexels/Skyler Ewing)
Ilustrasi fenomena Bulan Hitam. (Foto: Pexels/Skyler Ewing)

NEWSmedia - Fenomena Alam yang terjadi dalam kurun waktu yang langka salah satunya adalah Fenomena 'Bulan Hitam'. Di satu negara, kemunculan fenomena Bulan Hitam bisa setahun sekali atau bahkan lebih dari setahun.

Fenomena Bulan Hitam ini dapat menyebabkan air laut lebih pasang dibandingkan hari-hari sebelumnya. Ini menjadi pertanda atau peringatan bagi masyarakat pesisir untuk tidak melaut.

Fenomena Bulan Hitam tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi harus menggunakan alat bantu agar dapat dilihat lebih dekat dan jelas seperti teloskop.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Tentang Sean Gelael, Pembalap Indonesia yang Menegur Cuitan Jerome Polin di Twitter

Bulan Hitam secara kasat mata memang tidak dapat dilihat, hal ini karena konfigurasi Bumi-Bulan-Matahari yang terlihat pada satu garis lurus jika diamati dari atas kutub, sehingga permukaan bulan yang menghadap bumi tidak terkena cahaya Matahari dan bulan tampak gelap.

Setiap 2 hingga 5 kali dalam setahun, posisi sistem tata surya tersebut bertepatan dengan kapan bulan berada di titik simpul orbit (perpotongan ekliptika dan orbit bulan) sehingga bayangan bulan jatuh ke permukaan mengakibatkan Gerhana Matahari.

Bumi dan Bulan Hitam sebelumnya pernah terjadi di Indonesia pada 31 Oktober 2016 dan 30 Agustus 2019. Ini terjadi sebagai bulan baru kedua di dalam bulan Masehi.

Fenomena itu baru akan terjadi kembali pada 31 Desember 2024 dan 30 September 2027 mendatang.

Baca Juga: Kamus Bahasa Indonesia Online Selain KBBI yang Wajib Diketahui

Sementara, Bulan Hitam sebagai bulan baru ketiga dalam musim astronomis yang empat fase bulan baru, sebelumnya pernah terjadi di Indonesia pada 22 Agustus 2017 dan 19 Agustus 2020.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Sumber: lapan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini