• Minggu, 29 Mei 2022

Aliando Syarief Dikabarkan Mengidap OCD, Apa Itu Penyakit OCD? Berikut Penjelasan Lengkapnya

- Jumat, 28 Januari 2022 | 10:45 WIB
Ilustrasi Gangguan OCD (foto/Pixabay)
Ilustrasi Gangguan OCD (foto/Pixabay)

NEWSmedia - Baru-baru ini, nama aktor tampan Aliando Syarif tiba-tiba mencuat. Pasalnya, dia kini dikabarkan tengah menderita penyakit yang bernama OCD.

Apa itu OCD? Dan benarkan pada beberapa penderita perlu dilakukan pengobatan seumur hidup? Simak penjelasannya berikut ini.

OCD atau merupakan kependekan dari Obsessive compulsive disorder adalah gangguan mental yang menyebabkan penderitanya merasa harus melakukan suatu tidakan secara berulang-ulang.

Baca Juga: Inilah Sederet Potret Claudya, Perempuan Cantik yang Berhasil Memikat Hati Aprilio Manganang

Bila tidak dilakukan, penderita OCD akan diliputi kecemasan atau ketakutan. Gangguan obsesif kompulsif dapat dialami oleh siapa saja.

Meski lebih sering terjadi di awal usia dewasa, OCD juga bisa terjadi pada anak-anak atau remaja.

Penderita OCD terkadang sudah menyadari bahwa pikiran dan tindakannya tersebut berlebihan, tetapi tetap merasa harus melakukannya dan tidak dapat menghindarinya.

Baca Juga: 6 Dampak Negatif Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Sang Pengguna, Salah Satunya Masalah Harga Diri

Dilansir NEWSmedia dari Alodoc pada Jumat 27 Januari 2022.

Sumber lain menyebutkan bahwa Gangguan obsesif kompulsif atau Obsessive Compulsive Disorder (OCD) adalah kondisi kesehatan mental yang umum di mana seseorang memiliki pikiran obsesif dan perilaku kompulsif.

OCD dapat menyerang pria, wanita, dan anak-anak. Beberapa orang mulai mengalami gejala awal, seringkali sekitar pubertas, tetapi biasanya dimulai pada awal masa dewasa.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini