Lembaga ASI Rilis Hasil Survei Pilgub Banten 2024: Masyarakat Puas, Wahidin Halim Berpeluang Dipilih Lagi

- Minggu, 30 Januari 2022 | 20:49 WIB
Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) saat merilis hasil survei di Fame Hotel, Gading Serpong, Tangerang, Minggu 30 Januari 2022. (Foto kiriman Arus Survei Indonesia)
Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) saat merilis hasil survei di Fame Hotel, Gading Serpong, Tangerang, Minggu 30 Januari 2022. (Foto kiriman Arus Survei Indonesia)

NEWSmedia – Peluang Wahidin Halim (WH) untuk kembali terpilih menjadi Gubernur Banten di Pilgub Banten 2024 masih terbuka lebar. Ini merupakan hasil survei lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) yang dilakukan pertengahan Januari 2022. 

Sebagaimana rilis hasil survei yang diterima Redaksi NEWSmedia, lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) menjelaskan, survei yang bertajuk Evaluasi Publik Terhadap Kinerja Pemerintahan Provinsi Banten dan Peta Elektoral Pilkada 2024 ini dilakukan selama sepekan, 16 Januari hingga 24 Januari 2022 di Provinsi Banten dengan cara wawancara tatap muka.

Penarikan sampel survei menggunakan metode Multistage Random Sampling, dengan jumlah 400 responden dengan margin of error +/- 4.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca Juga: Peluang WH dan Andika Bisa Dipilih Lagi di Pilgub Banten Berat, Ukurannya Bisa Dilihat dari Faktor Ini

Hasilnya, Wahidin Halim menjadi kandidat Gubernur yang paling banyak dipilih responden atau memiliki elektabilitas tertinggi, yaitu 19,3%.

Posisi kedua disusul Rano Karno dengan angka 13,3%, kemudian Airin Rachmi Diany (11,0%), Andika Hazrumy (9,8%), dan Ahmed Zaki Iskandar (6,8%).

Sedangkan 21,6% masyarakat mengaku tidak tahu atau tidak menjawab. Hasil tersebut saat simulasi 11 tokoh.

“Pemilih yang belum menentukan pilihan masih sangat tinggi, yaitu 21,6%. Ini karena pilkada masih hampir tiga tahun lagi. Jadi masyakat belum aware soal ini. Masyarakat juga belum ada stronge voter terhadap pilihannya,” kata Ali Rifan, Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia (ASI).

Lembaga ASI merilis hasil survei ini sekaligus melakukan diskusi yang dihadiri pewarta di Fame Hotel, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Minggu 30 Januari 2022.

Dalam survei ini juga dilakukan simulasi 5 nama. Hasilnya, elektabilitas Wahidin Halim menjadi meningkat, yaitu 20,8%, disusul Airin Rachmi Diany (19,3%), Andika Hazrumy (16,5%), Rano Karno (15,8%), dan Sufmi Dasco Ahmad (1,3%). Sedangkan 26,3% masyarakat mengaku tidak tahu atau tidak jawab.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini