• Kamis, 8 Desember 2022

Aturan Kegiatan Peribadatan di Tempat Ibadah di Masa PPKM Februari 2022

- Senin, 7 Februari 2022 | 14:14 WIB
Kementerian Agama Menerbitkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah (Dok: kemenag.go.id)
Kementerian Agama Menerbitkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah (Dok: kemenag.go.id)

NEWSmedia - Penyebaran Covid-19 varian Omicron yang semakin meluas dengan intensitas yang cenderung cepat membuat pemerintah kembali melakukan Pembatasan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Salah satu lokasi yang masih rentan terjadi kerumunan adalah tempat ibadah. Oleh karena itu terdapat syarat-syarat tertentu untuk melakukan ibadah di masa PPKM.

Untuk wilayah yang masuk dalam kategori PPKM level 3, kapasitas tempat ibadah diatur maksimal 50 % atau hanya 50 orang dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Mantan Dubes RI untuk Jepang Launching Kanal YouTube Yusron Senpai, Kontennya Bahas Semua tentang Jepang

Hal ini berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE. 04 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah Pada Masa PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19, Optimalisasi Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan, serta Penerapan Protokol Kesehatan.

Surat Edaran diterbitkan dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini mengalami peningkatan dengan munculnya varian Omicron yang lebih menular.

Ketentuan aturan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam melaksanakan kegiatan peribadatan/keagamaan dan penerapan prokes 5M di tempat ibadah pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Baca Juga: Disebut Sebagai Affiliator Binary Option, Berikut Fakta-fakta Doni Salmanan dan Indra Kenz

Surat Edaran bertujuan memberikan panduan bagi pemangku kepentingan dan umat beragama di seluruh Indonesia dalam melaksanakan kegiatan peribadatan/keagamaan dan penerapan protokol kesehatan 5M di tempat ibadah pada masa PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19, mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan, serta Penerapan Prokes 5M.

Berikut ketentuan untuk tempat ibadah di kabupaten/kota wilayah Jawa dan Bali:

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini