• Jumat, 12 Agustus 2022

Ustadz Khalid Basalamah Sebut Wayang Dilarang di Islam, Dedi Mulyadi Tidak Terima: Wayang Haram Kalau Dimakan!

- Senin, 14 Februari 2022 | 22:09 WIB
Ustadz Khalid Basalamah menyatakan wayang bertentangan dengan ajaran Islam. Sementara Dedi Mulyadi punya pandangan lain.
Ustadz Khalid Basalamah menyatakan wayang bertentangan dengan ajaran Islam. Sementara Dedi Mulyadi punya pandangan lain.

 

NEWSmedia - Penceramah Ustadz Khalid Basalamah menyatakan bahwa wayang dilarang dan bertentangan dengan ajaran Islam. Pernyataan itu mendapat kritikan dari Dedi Mulyadi, mantan Bupati Purwakarta yang merupakan pegiat seni dan budaya Sunda. 

Pernyataan Ustadz Khalid Basalamah terkait wayang haram diutarakan dalam video ceramahnya yang ditayangkan di YouTube.

Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan tentang hukum wayang setelah mendapat pertanyaan dari jamaah yang ditulis di sebuah kertas, kemudian dibacakan dan dijawab.

Baca Juga: Ustadz Khalid Basalamah Sebut Wayang Haram! Dalangnya Masih Bisa Bertaubat dan Bendanya Lebih Baik Dimusnahkan

"Ustadz, Saya orang Jawa dan saya suka pewayangan, apakah Wayang dilarang, bagaimana taubat profesi dalang?" tanya jamaah. 

Menjawab pertanyaan itu, Ustadz Khalid Basalamah secara tegas mengatakan bahwa Wayang itu bertentangan dengan ajaran Islam.

“Tentu saja saya pernah bilang, tanpa mengurangi penghormatan terhadap tradisi dan budaya, semua suku. Kita berbicara dalam ceramah seperti ini bukan menjatuhkan, tapi kita sudah harus tahu dan sadar kita ini muslim. Muslim ini dipandu oleh agama," ujarnya.

Menurut Ustadz Khalid, seorang muslim harus menjadikan Islam sebagai tradisi, bukan malah meng-Islam-kan budaya. 

“Harusnya Islam dijadikan tradisi dan budaya, jangan kita balik, jangan budaya diislamkan. Mengislamkan budaya ini repot," ucap Ustadz Khalid Basalamah.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini