• Jumat, 12 Agustus 2022

Apa itu Bappebti, Lembaga Negara yang Memblokir Ratusan Perusahaan Investasi Bodong Robot Trading

- Rabu, 16 Februari 2022 | 18:15 WIB
Ilustrasi Bappebti. (Foto: Instagram bappebti)
Ilustrasi Bappebti. (Foto: Instagram bappebti)

NEWSmedia – Nama lmbaga Bappebti belakangan ini kian popular, menyusul aksi-aksinya dalam memberantas perusahaan investasi bodong robot trading.

Belum lama ini mengumumkan telah memblokir 1.222 situs web perdagangan berjangka illegal, yang didalamnya terdapat 336 investasi bodong robot trading illegal.

Bagi para trader, istilah Bappebti bukanlah ha lasing. Lalu ap aitu Bappebti, dan apa fungsi Bappebti?

Baca Juga: Kumpulan Video Doni Salmanan di YouTube KING SALMANAN Menghilang, Dihapus atau Disembunyikan?

Bappebti adalah lembaga negara yang mengurus soal perdagangan berjangka komoditi, dengan tugas melakukan pengawasan dan pengaturan terkait perdagangan.

Dikutip dari laman bappebti.go.id, memiriki garis koordinasi dengan sejumlah Lembaga negara dalam setiap menangani berbagai perkara yang menjadi tugasnya.

Dengan kata lain, Bappebti adalah lembaga negara yang terintegrasi langsung dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, serta beberapa lembaga hukum seperti Polri, Kejaksaan Agung, yang mengurus terkait masalah keuangan, investasi, saham, asset kripto dan lain-lain.  

Dalam struktur kerjanya, Bappebti berada langsung di bawah Kementerian Perdagangan RI. Selain itu Bappebti juga memiliki garis koordinasi dengan Bank Indonesia dan BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal), Polri dan Kejaksaan Agung.

Baca Juga: Resmi! Pratama Arhan Gabung Klub Jepang Tokyo Verdy dengan Status Bebas Transfer

Sebagai badan pengawas pemerintah, Bappebti secara langsung membawahi bursa berjangka yang sejajar dengan lembaga kliring berjangka.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini