• Selasa, 5 Juli 2022

Survei LSI: 70% Tidak Setuju Jabatan Presiden Jokowi Diperpanjang dan Tidak Ingin Pemilu 2024 Ditunda

- Kamis, 3 Maret 2022 | 15:47 WIB
Rilis survei LSI tentang sikap publik terhadap penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.
Rilis survei LSI tentang sikap publik terhadap penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

NEWSmedia - Wacana perpanjangan masa jabatan presiden kembali mengemuka. Pro kontra pun terjadi di kalangan masyarakat mengenai wacana jabatan Presiden Jokowi diperpanjang, termasuk usulan Pemilu 2024 ditunda.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar melontarkan ide Pemilu 2024 ditunda hingga tahun 2027.

Sebagai pimpinan salah satu partai politik pendukung pemerintah itu, Muhaimin mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda dengan alasan Indonesia masih dalam kondisi pemulihan ekonomi karena pandemi.

Baca Juga: Pemilu 2024 Digelar Serentak 14 Februari, Komisi II DPR RI: Kalau Semuanya Bersama, Bisa Kita Atasi

Selain PKB, beberapa pimpinan partai besar juga menyampaikan pendapatnya. Seperti Golkar dan PAN yang juga cenderung setuju pemilu diperpanjang. Sementara PDIP dan NasDem belum setuju. Bahkan elit Partai Gerindra dan Demokrat secara tegas menolak pemilu ditunda.

Sebagian kalangan melihat apabila usulan penundaan Pemilu 2024 menjadi ke 2027, maka masa jabatan presiden pun menjadi diperpanjang, termasuk DPR, DPD dan DPRD. Seharusnya berdasarkan UUD 1945 jabatan Presiden, DPR, DPD termasuk DPRD hanya berlangsung 5 tahun. Artinya sudah harus dilakukan pemilihan lagi pada tahun 2024.

Di tengah wacana penundaan pemilu, suara-suara untuk memperpanjang masa jabatan Presiden Joko Widodo juga terdengar. Bahkan ada sejumlah pihak menyuarakan usulan tiga periode jabatan untuk presiden. 

Meski demikian, wacana usulan jabatan presiden diperpanjang menjadi tiga periode ditolak banyak pihak seperti dari kalangan akademisi dan praktisi demokrasi. Mereka menilai penundaan pemilu akan menimbulkan kekacauan dalam demokrasi.

Baca Juga: Garda Bangsa Touring Keliling Jawa, Sosialisasikan Ketum PKB Gus Muhaimin Calon Presiden 2024

Termasuk Presiden Jokowi sendiri, beberapa kali telah menyatakan bahwa menolak jabatan Presiden diperpanjang menjadi tiga periode.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini