• Selasa, 16 Agustus 2022

Brand-brand Ternama Dunia Hengkang dan Boikot Rusia, Mulai dari Apple Inc Hingga Perusahaan Otomotif

- Senin, 7 Maret 2022 | 16:03 WIB
Perusahaan besar dunia dengan brand-brand ternama telah menyatakan menarik diri dari negara Rusia. Hal tersebut dikarenakan adanya invasi Rusia ke Ukraina. (Foto: Twitter @EuromaidanPress)
Perusahaan besar dunia dengan brand-brand ternama telah menyatakan menarik diri dari negara Rusia. Hal tersebut dikarenakan adanya invasi Rusia ke Ukraina. (Foto: Twitter @EuromaidanPress)

NEWSmedia - Perusahaan besar dunia dengan brand-brand ternama telah menyatakan menarik diri dari negara Rusia. Hal tersebut dikarenakan adanya invasi Rusia ke Ukraina. 

Presiden Rusia Vladimir Putin yang memerintahkan invasi ke Ukraina secara agresif memicu kecaman dari berbagai pihak, termasuk perusahaan-perusahaan ternama yang menjalankan bisnisnya di Rusia.

Beberapa perusahaan bahkan dengan keras memprotes invasi Rusia terhadap Ukraina, dengan menghentikan penjualan produk mereka di Rusia.

Baca Juga: Kisah Ahmad Sahroni Crazy Rich Tanjung Priok, Sempat jadi Pembantu dan Sopir Hingga Mimpi jadi Presiden

Sejumlah brand telah memboikot pasar Rusia sejak invasi terhadap Ukraina berlangsung. Ada yang memboikot penuh, ada yang hanya sebagian.

Bahkan Pemerintah Rusia juga mendapatkan sanksi, di antaranya secara fungsional dikecualikan dari pasar keuangan internasional. Bank-bank besar Rusia telah dikeluarkan dari sistem pembayaran SWIFT, dan pelanggan mereka tidak dapat lagi menerima dana untuk mengekspor barang dan jasa atau membayar impor.

Adapun beberapa brand yang memboikot Rusia di antaranya adalah:

1. Apple Inc

Perusahaan yang dikenal dengan produk iPhone ini telah berhenti menjual produknya di semua toko online resmi Rusia. Bersamaan dengan itu, Apple Pay juga tidak lagi berfungsi.

2. Google Pay, Samsung Pay dan PayPal

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini