• Minggu, 14 Agustus 2022

Kemenag Tetapkan Logo Halal Baru, Wajib Dipakai Secara Nasional, Begini Filosofi, Komponen dan Kode Warnanya

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 21:10 WIB
Kemenag Tetapkan Logo Halal Baru (Kemenag)
Kemenag Tetapkan Logo Halal Baru (Kemenag)

NEWSmedia - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menetapkan Label Halal Baru yang berlaku secara nasional.

Penetapan label halal tersebut dituangkan dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Logo Halal Baru.

Surat Keputusan ditetapkan di Jakarta pada 10 Februari 2022, ditandatangani oleh Kepala BPJPH, Muhammad Aqil Irham dan berlaku efektif terhitung sejak 1 Maret 2022.

Baca Juga: Siap Nikah Tapi Usia Belum 19 Tahun? Begini Cara dan Syarat Sidang Nikah di Bawah Umur

Menurut Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham, penetapan Logo Halal Baru tersebut, dilakukan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 37 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Penetapan ini juga bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang JPH.

"Melaksanakan amanat peraturan perundang-undangan khususnya Pasal 37 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, maka BPJPH menetapkan label halal dalam bentuk logo sebagaimana yang secara resmi kita cantumkan dalam Keputusan Kepala BPJPH," kata Aqil dikutip NEWSmedia dari laman resmi Kemenag pada Sabtu 12 Maretr 2022.

Baca Juga: Luhut Bertemu Sejumlah Kyai di Surabaya, Bahas Kinerja Pemerintah Hingga Masukan dan Doa Para Ulama

Wajib Dicantumkan
Sekretaris BPJPH Muhammad Arfi Hatim menjelaskan bahwa Logo Halal Baru Indonesia berlaku secara nasional. Label ini sekaligus menjadi tanda suatu produk telah terjamin kehalalannya dan memiliki sertifikat halal yang diterbitkan BPJPH. Karena itu, pencantuman label Halal Indonesia wajib dilakukan pada kemasan produk, bagian tertentu dari produk, dan/atau tempat tertentu pada produk.

"Label Halal Indonesia ini selanjutnya wajib dicantumkan pada kemasan produk, bagian tertentu dari produk, dan/atau tempat tertentu pada produk." kata Arfi Hatim.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini