• Selasa, 5 Juli 2022

BPIP dan Kodam V Brawijaya Kolaborasi Membumikan Pancasila dengan Metode Kekinian

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 10:13 WIB
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nuchahyanto. (Dok: BPIP)
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nuchahyanto. (Dok: BPIP)

NEWSmedia - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Pangdam V/Brawijaya Surabaya berkomitmen membumikan Pancasila dengan metode kekinian.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengatakan kolaborasi antara BPIP dengan Kodam V Brawijaya untuk membumikan Pancasila merupakan tindak lanjut kerjasama dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurrachman.

Bahkan BPIP akan melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Panglima TNI, sehingga upaya-upaya membumikan Pancasila menjadi program bersama.

Baca Juga: Profil dan Biodata Ustadz Firanda yang Ditolak Ceramah di Wajo Lengkap dengan Jejak Karirnya

"Kita juga akan menjadwalkan MoU dengan Panglima TNI," kata Yudian saat melakukan Kunjungan Kerja di Jawa Timur, Jumat, 25 Maret 2022.

Ia berharap kolaborasi ini dapat dilakukan dengan masing-masing program atau kegiatan yang sudah dimiliki baik BPIP dan Kodam V/Brawijaya Jawa Timur.

Dirinya juga menjelaskan BPIP bertanggungjawab langsung kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden merumuskan arah kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila.

"Selain melaksanakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian PIP secara menyeluruh dan berkelanjutan juga program-program lainnya seperti menyusun standar pendidikan dan diklat," jelasnya.

BPIP juga saat ini telah menyusun buku pedoman pendidikan dan pelatihan bagi TNI, Polri, ASN dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Kami hanya mengukur dan memperkokoh Pancasila (di kalangan TNI, Polri, ASN-red) bukan mengajari," ujar Prof Yudian.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini