• Jumat, 12 Agustus 2022

Ini Alasan Gubernur Banten Mengabadikan Nama Aria Wangsakara Pada Jembatan Terlebar di Indonesia

- Kamis, 31 Maret 2022 | 16:41 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim. (Dok/NEWSmedia)
Gubernur Banten Wahidin Halim. (Dok/NEWSmedia)

NEWSmediaJembatan Aria Wangsakara di Kota Serang telah diresmikan Gubernur Banten, Selasa malam 29 Maret 2022.

Penyematan nama Aria Wasangkara pada jembatan terlebar itu mengandung makna dan filosopi yang tinggi untuk menghormati jasa pahlawan asal Banten.

Gubernur Banten Wahidin Halim, menjelaskan mengenai penggunaan nama Aria Wangsakara untuk jembatan baru di kawasan Bogeg, Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Baca Juga: Awal Ramadhan 2022 Jatuh Pada 2 April atau 3 April? Catat Jadwal Sidang Isbat dan Tahap Penetapan 1 Ramadhan

Menurutnya, penggunaan nama tersebut sudah sangat tepat, karena Aria Wangsakara itu merupakan pahlawan nasional asli Banten.

"Aria Wangsakara itu pahlawan Nasional dari Banten. Ketika jadi pahlawan nasional, berarti milik Banten," jelas Gubernur Banten, Kamis 31 Maret 2022.

Aria Wangsakara itu, lanjut Wahidin Halim, asli orang Banten yang berjuang untuk Banten. Sebagai apresiasi dan mengenang kiprah perjuangannya, maka nama Aria Wangsakara diabadikan sebagai nama jembatan baru di Bogeg.

"Bagi masyarakat yang awam, baca sejarahnya Aria Wangsakara itu lebih Banten daripada orang Banten itu sendiri, karena di samping dia keluarga kesultanan dia juga berjuang mempertahankan dan membela Banten, itu sejarahnya" katanya.

Baca Juga: Ramalan Shio Hari Jumat 1 April 2022: Simak Selengkapnya Ada Shio Ular dan Shio Macan

Kalau soal nama jalan, lanjut WH, nama-nama pahlawan nasional itu memang banyak dijadikan nama-nama jalan. Bahkan di Banten ada nama-nama jalan yang bukan orang asli dari Banten. Ditanya soal ada pihak yang tidak setuju terkait penamaan tersebut, WH menjawabnya dengan santai.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini