• Senin, 15 Agustus 2022

Kontribusi Pemprov Banten Merubah Wajah Kota Serang Sebagai Ibukota Provinsi

- Kamis, 14 April 2022 | 19:14 WIB
Gubernur Banten Wahidin Halim (pakai topi) saat menyaksikan langsung pengukuran di wilayah Kota Serang.  (Foto: Setda Pemprov Banten)
Gubernur Banten Wahidin Halim (pakai topi) saat menyaksikan langsung pengukuran di wilayah Kota Serang. (Foto: Setda Pemprov Banten)

NEWSmedia - Selama lima tahun kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Pemprov Banten banyak melakukan kegiatan pembangunan fisik di Kota Serang, yang merupakan Ibukota Provinsi Banten. Pembangunan etalase Provinsi Banten tersebut tanpa mengabaikan pembangunan di tujuh kabupaten/kota di Provinsi Banten lainnya.

Pembangunan di wilayah Ibukota Provinsi Banten tersebut meliputi, pembangunan jalan, penataan kawasan, pembangunan jembatan, pembangunan jalan lingkungan dan lain-lain. Untuk memuluskan penataan Ibukota Provinsi Banten tersebut, Pemprov Banten melibatkan beberapa instansi, seperti Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Hasilnya, ruas jalan yang menjadi kewenangan provinsi tampak mulus, jembatan membentang lebar melintasi Jalan Tol Tangerang-Merak, Kawasan Banten Lama terlihat cantik dan mengundang perhatian banyak orang, lingkungan kumuh berkurang serta wilayah perkotaan terlihat lebih cantik dan menarik.

Baca Juga: Rapat Paripurna DPRD Banten Penyerahan LHP BPK, Pemprov Banten Kembali Raih Opini WTP dari BPK RI

Saat ini, WH - Andika Pemprov Banten juga siap mempersembahkan stadion bertaraf internasional untuk warga Banten, yaitu Banten International Stadium. Stadion yang banyak menarik klub Liga 1 Indonesia tersebut sudah siap digunakan dan diresmikan. Stadion tersebut berlokasi di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Bukan hanya untuk mempercantik dan memperindah kota, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana masyarakat merasa nyaman saat melintas di Kota Serang, terhindar banjir (dengan pembangunan drainase) dan manfaat lainnya.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Pemprov Banten melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman di Kota Serang sepanjang 2017 hingga 2021 antara lain, pembangunan stadion utama sport center yang dilaksanakan tahun 2021 dengan anggaran senilai Rp 874.317.080.300. Sarana tersebut tinggal menunggu peresmian dan selanjutnya bisa segera digunakan.

Selanjutnya, pembangunan intake WTP Sindangheula. Pembangunan tersebut juga dilaksanakan tahun 2021 dengan anggaran senilai Rp 17.621.264.000. Pada awal menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin-Andika, Pemprov Banten melakukan gebrakan dengan menata Kawasa Kesultanan Banten.

Baca Juga: Selain Tagar Hushin Shihab Nama Tiara Andini juga Trending di Twitter, Simak Persamaan dan Bedanya!

Kawasan tersebut dibuat indah dan jauh berbeda dibandingkan dengan kondisi sebelumnya. Taman membentang di sekitar kawasan, sejumlah fasilitas juga didirikan Pemprov Banten, guna memberi rasa nyaman terhadap pengunjung. Pengunjung juga semakin mudah menemukan spot foto menarik di sekitar kawasan. Penataan Kawasan tersebut dilakukan Pemprov Banten pada tahun 2018 dengan anggaran senilai Rp 70.180.178.000.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini