3 Teori Tentang Malam Nuzulul Quran yang Diperingati Setiap Tanggal 17 Ramadhan, Berikut Penjelasannya

- Senin, 18 April 2022 | 19:49 WIB
Ilustrasi: Malam nuzulul qur'an (Pixabay/ essam5)
Ilustrasi: Malam nuzulul qur'an (Pixabay/ essam5)

NEWSmedia - Nuzulul Quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan. Terdapat tiga teori terkait penjelasan turunnya Al-Quran tersebut.

Dikutip NEWSmedia dari NU Online, teori Nuzulul Quran yang pertama menjelaskan tentang turunnya Al-Quran pada malam Lailatul Qadar.

Teori ini menjelaskan tentang Al-Quran yang secara utuh turun ke langit dunia, kemudian dilanjutkan ke bumi secara bertahap selama 20/ 23/ 25 tahun.

Baca Juga: Penjelasan tentang Malam Nuzulul Quran dan Malam Lailatul Qadar, Apa Perbedaannya?

Teori Nuzulul Quran yang kedua menjelaskan kalau Al-Quran diturunkan ke langit dunia selama 20 tahun. Hal itu dikarenakan setiap tahun hanya ada satu malam Lailatul Qadar.

Teori ketiga, Al-Quran turun pertama kali pada malam Lailatul Qadar yang kemudian diturunkan ke bumi secara bertahap dengan jangka waktu yang berbeda.

Dalam ketiga teori penjelasan turunnya Al-Quran yang paling masyhur atau populer adalah teori pertama. Hal ini didukung oleh beberapa hadist-hadist sahih dari ulama-ulama terdahulu salah satunya Al-Muqatil.

Baca Juga: Keutamaan Al-Quran sebagai Obat Galau, Simak Penjelasan Ustadz Hannan Attaki Berikut Ini Agar Hati Tenang

Selain Al-Muqatil, ada ulama lainnya yang mendukung teori pertama, di antaranya Abu Abdillah al-Halimi dalam kitab Minhaj.

Semua ulama sepakat bahwa Al-Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadar dan pada penurunannya ini yang terjadi perbedaan pendapat.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini