• Selasa, 16 Agustus 2022

Kemenag RI Tetapkan Jumlah dan Jadwal Pertama Pemberangkatan Ibadah Haji, Begini Kata Yaqut Cholil

- Rabu, 20 April 2022 | 15:40 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil (photo by instagram.com/kemenag_ri)
Menteri Agama, Yaqut Cholil (photo by instagram.com/kemenag_ri)

NEWSmedia - Musim Haji sudah semakin dekat, tentunya pemerintah dan Kementerian Agama RI tidak tinggal diam untuk mempersiapkan seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan saat musim Haji tiba.

Terutama pembahasan mengenai ibadah haji. Setelah 2 tahun tidak mengirimkan pemberangkatan para jemaah haji ke baitullah atau Mekah, pada tahun ini Indonesia berencana untuk kembali memberangkatkan para jemaah haji ke kota Mekah.
 
Untuk itu menteri agama yakni Yaqut Cholil, memberikan penjelasan mengenai jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan pada tahun ini Serta jadwal pemberangkatan pertama untuk para jemaah haji.
 
 
Dikutip NEWSmedia dari akun resmi Instagram Kementerian Agama RI, Rabu 20 April 2022. Menteri Agama RI, Yaqut Cholil menyampaikan bahwa terkait jemaah haji yang akan diberangkatkan pada musim haji tahun ini adalah sebanyak 100.051 jemaah haji
 
Yaqut Cholil dalam penyampaiannya pada saat acara peringatan Nuzulul Quran tingkat kenegaraan di Jakarta, 19 April 2022.
 
Yaqut Cholil mengungkapkan hal tersebut dapat terjadi atas doa dan ikhtiar dari semua pihak. Ia juga menerangkan bahwa akan ada 1.901 petugas yang akan mendampingi kegiatan jemaah haji pada tahun ini.
 
 
Dalam memberangkatkan keloter pertama jemaah haji tahun ini Yaqut Cholil menyampaikan A ku an memberangkatkan pada 4 Juni 2022 mendatang. 
 
“Insya allah kita akan berangkatkan keloter pertama tanggal 4 Juni 2022”. Ucap Menteri Agama, Yaqut Cholil dikutip NEWSmedia dari akun resmi Instagram Kemenag RI, Rabu 20 April 2022.
 
Disisi lain, dalam pemberangkatan jemaah haji nanti, saat ini belum ada penjelasan secara terperinci mengenai nama-nama yang akan diberangkatkan pada kloter  pertama ibadah haji dan kloter kloter berikutnya.
 
 
Dimasa pandemi saat ini, Tentunya semua berharap agar keadaan dapat kembali normal sehingga Indonesia dapat kembali mengirimkan jumlah jemaah haji yang normal seperti sebelum masa pandemi.
 
Dengan adanya pemberitahuan mengenai diperbolehkannya jumlah jemaah ibadah haji kembali berangkat ke kota Mekkah pada tahun ini adalah awal dari segala perbaikan yang telah terjadi selama masa pandemi berlangsung.
 
Itulah informasi mengenai jumlah kuota pemberangkatan ibadah haji serta waktu pemberangkatan pada kloter pertama.***

Editor: Achmad Chamdi

Tags

Artikel Terkait

Terkini