• Jumat, 12 Agustus 2022

Admin Fee 10 Persen di Plaza Banten Beratkan UMKM, Sistem BeLa Pengadaan di Pemprov Banten Dikeluhkan

- Rabu, 20 April 2022 | 17:43 WIB
ilustrasi uang (Pixabay)
ilustrasi uang (Pixabay)

NEWSmedia – Program Bela Pengadaan yang direkomendasikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan sistem baru Belanja Langsung semacam belanja e-katalog.

Alih-alih membantu para pelaku UMKM Lokal, justru konsep itu dipandang berbanding terbalik. Pasalnya, pihak toko elektronik Plaza Banten selaku mitra BeLa Pengadaan memetik keuntungan dari setiap transaksi 10 persen dengan dalih admin fee.

Kondisi ini pun dikeluhkan para pengusaha yang menempatkan toko usahanya di marketplace Plaza Banten dalam transaksi BeLa Pengadaan.

Baca Juga: Lirik Lagu Pejalan Tresna yang Dinyanyikan Bagus Wirata: Bercerita Tentang Kesetiaan dalam Perjalanan Cinta

“Jika kita menawarkan barang pada toko yang kita buka di Plaza Banten, maka secara otomatis akan dinaikan 10 persen, dengan alasan fee manajemen. Pihak Admin Plaza Banten bilangnya begitu,” kata Wahyu, salah satu pemilik UMKM yang membuka toko di Plaza Banten.

Kondisi itu menurut Wahyu sangat merugikan pihaknya, pasalnya harga barang sudah dipotong pajak 11 persen, lalu ada lagi potongan fee 10 persen.

“Belum apa-apa sudah kehilangan 21 persen. Admin Plaza Banten mengatakan itu tidak akan merugikan para pemilik toko, karen mereka menambahkan harga dari harga yang ditetapkan pihak UMKM,” ulas Wahyu kepada NEWSmedia, Rabu, 20 April 2022.

Wahyu pun menganalogikan jika barang yang ia tawarkan dipasang dengan harga Rp50 juta, maka secara otomatis barang itu harganya menjadi Rp60 juta lebih. Ada tambahan pajak sebesar 11 persen, lalu ada tambahan fee admin 10 persen.

Baca Juga: Liverpool Puncaki Klasemen Sementara Liga Inggris Usai Bungkam MU 4-0

“Tapi misalnya pemerintah selaku pemesan barang melakukan negosiasi ke angka Rp55 juta, pihak Plaza Banten secara sistem akan tetap memotong 10 persen. Jelas ini sangat merugikan,” katanya.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini