Malam Lailatul Qadar 2022 Terjadi pada Tanggal Berapa? Begini Pendapat Imam Ghozali

- Jumat, 22 April 2022 | 20:32 WIB
Ilustrasi malam lailatul qadar  (Pixabay/chiplanay)
Ilustrasi malam lailatul qadar (Pixabay/chiplanay)

NEWSmedia - Lazimnya umat Islam akan semakin aktif beribadah pada 10 hari terakhir dari bulan Ramadhan, terutama pada malam ganjil.

Semuanya itu mereka lakukan guna mendambakan serta memburu malam istimewa yang bernama Lailatul Qadar.

Semangat ini bukan tanpa dasar, sebab Al-Quran menyebutkan bahwa Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Baca Juga: 30 Nama Bayi Laki-Laki yang Memiliki Arti Terpuji dan Penuh Makna, Siapkan untuk Buah Hati Bunda

Sebuah amal kebaikan akan dilipatgandakan nilainya apabila dilakukan pada malam Lailatul Qadar dibandingkan malam-malam ramadhan biasa.

Walaupun begitu, tidak terdapat kepastian tentang kapan persisnya Lailatul Qadar datang. Al-Quran serta hadits juga tidak menarangkan tentang perihal itu.

Hakikat hari ataupun kapan Lailatul Qadar terjadi masih menjadi teka-teki. Keadaan ini menaruh hikmah, salah satunya supaya seluruh orang tekun beribadah selama bulan ramadhan tanpa harus terikat waktu tertentu.

Baca Juga: Inilah 4 Golongan Muslim yang Diperbolehkan Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan

Walaupun demikian, Rasulullah SAW memberikan gambaran tentang kapan datangnya Lailatul Qadar. Gambaran itu nampak dari hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari serta Imam Muslim yang memerintahkan umat Islam mencari Lailatul Qadar pada 10 hari terakhir bulan ramadhan.

Hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dari Aisyah RA.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini