Inilah Makna dan Hakikat Idul Fitri Menurut Ustadz Adi Hidayat, Hari Kemenangan Bagi Umat Muslim

- Senin, 25 April 2022 | 16:19 WIB
Ustadz Adi Hidayat (Tangkapan layar youtube Adi Hidayat Official)
Ustadz Adi Hidayat (Tangkapan layar youtube Adi Hidayat Official)

NEWSmedia – Hari Raya Idul Fitri adalah hari istimewa dimana kita semua telah selesai melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh pada saat bulan ramadhan. 

 
Hari raya idul Fitri, identik dengan suasana haru dari berkumpulnya sanak saudara dan bergembira bersama menyambut hari raya. 
 
Namun, kita sering kali tak sadar, akan hakikat adanya idul fitri yang senantiasa kita lewati setiap tahun hijriah pada awal bulan Syawal.
 
 
Dikutip oleh NEWSmedia dari akun YouTube Adi Hidayat Official Senin 25 April 2022, berikut hakikat Idul Fitri menurut Ustadz Adi Hidayat
 
Dalam akun YouTubenya Ustadz Adi Hidayat menerangkan mengenai hakikat dari diadakannya idul Fitri.
 
Hal yang pertama perlu kita ketahui adalah adanya kata taqwa. Taqwa yaitu, saat kita meninggalkan kemaksiatan dan menjadi taat, atau melaksanakan amal yang sholeh.
 
 
Dalam Islam ada juga kata muslim, muslim ini berarti saat kita membaca dua kalimat syahadat yaitu, asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu Anna muhammadurrasulullah. Yang artinya aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah. 
 
Menurut ustad Adi Hidayat saat kita telah membaca dua kalimat syahadat, maka kita telah resmi menjadi seorang muslim. 
 
Pada tingkat berikutnya ada yang dinamakan dengan mukmin, mukmin adalah seorang muslim yang mempunyai iman, dari iman tersebut seorang muslim mau melakukan amalan Sholeh atau biasa disebut dengan taat. 
 
 
Setelah seorang muslim beriman, maka tingkat berikutnya adalah taqwa, menurut ustad Adi Hidayat saat kita telah mencapai kata taqwa maka hal apapun yang kita lakukan maka perasaan kita akan cenderung tentram.
 
Karena mengapa? Hal tersebut dikarenakan saat kita berjalan, kemanapun, kapan pun dan dimana pun, Allah senantiasa dekat dengan kita. 
 
Nah pada bulan Ramadan ini, saat kita berhasil melaksanakan ibadah puasa, maka kita akan menggenggam muflihun. 
 
 
Lalu apa sebenarnya muflihun tersebut? Allah subhanahu wa ta'ala berfirman barangsiapa yang sukses dalam berpuasa maka akan mendapatkan muflihun, adapun muflihun itu adalah kemenangan, kesuksesan dan kebahagiaan.
 
Pada saat Idul Fitri, kita telah sukses melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan telah sukses menahan hawa nafsu baik itu nafsu materi nafsu makanan dan lain sebagainya selama 1 bulan Ramadan.
 
Maka pada saat hari raya idulfitri kita diperintahkan untuk memperbanyak membaca kalimat takbir yaitu Allahu Akbar. hal tersebut adalah bukti bahwa kita telah banyak meraih kenikmatan dan kemenangan pada saat hari raya.
 
 
Adapun kata Fitri berasal dari kata makan yakni futur dengan sifat Fitri. jadi arti dari kata Idul Fitri adalah kembali makan setelah selesai bulan Ramadan.
 
Jadi, hakikat idul Fitri adalah kemenangan kita setelah satu bulan menahan hawa nafsu, pada saat bulan ramadhan untuk kembali menjalankan hidup di bulan Syawal dengan lebih baik lagi.***

Editor: Achmad Chamdi

Tags

Artikel Terkait

Terkini