• Jumat, 19 Agustus 2022

Begini Niat, Tata Cara dan Waktu yang Paling Afdol Untuk Membayar Zakat Fitrah: Berikut Penjelasannya

- Jumat, 29 April 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi zakat fitrah. (NU Online)
Ilustrasi zakat fitrah. (NU Online)

NEWSmedia - Berikut penjelasan mengenai niat zakat fitrah, tata cara zakat fitrah, dan waktu yang paling Afdol membayar zakat fitrah.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan Allah SWT. Oleh sebab itu, kita diwajibkan untuk berpuasa dan beramal agar mendapat rahmat dan ampunan-Nya. 

Di bulan ramadhan ini juga seorang muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Mengutip dari Baznas, zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan ramadhan.

Baca Juga: Ternyata Ini Waktu yang Paling Afdol Bayar Zakat Fitrah Menurut Ustadz Abdul Somad, Berikut Penjelasan Lengkap

Keutamaan menunaikan zakat fitrah adalah untuk menyucikan jiwa setiap muslim yang berpuasa di bulan ramadhan. Sehingga pada saat hari raya idul fitri, jiwa setiap muslim akan kembali dalam keadaan fitrah (suci).

Karena zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap muslim, berikut ini akan dijelaskan bagaimana niat, tata cara dan waktu yang paling afdhal untuk menunaikannya:

Baca Juga: 5 Tips Mudik Aman dan Lebaran Hemat ala BRI, Cek Call Center dan Akun Medsos Bank BRI

Niat Zakat Fitrah

Untuk Diri Sendiri:

Halaman:

Editor: Nurcholis Fajri Syah

Tags

Artikel Terkait

Terkini