• Senin, 8 Agustus 2022

Ini Alasan Presiden Jokowi Melarang Ekspor Minyak Goreng Termasuk Bahan Bakunya

- Sabtu, 30 April 2022 | 03:12 WIB
Presiden Jokowi saat menyampaikan keputusan pelarangan ekspor minyak goreng. (Sumber foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat menyampaikan keputusan pelarangan ekspor minyak goreng. (Sumber foto: BPMI Setpres)

NEWSmedia – Pelarangan ekspor minyak goreng yang diputuskan oleh Presiden Jokowi memiliki alasan keberpihakannya kepada rakyat.

Pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat menjadi pertimbangan utama yang membuat Presiden Jokowi mengeluarkan kebijakan melarang ekspor minyak goreng.

“Saya ingin menegaskan, bagi pemerintah kebutuhan pokok masyarakat adalah yang utama. Ini prioritas paling tinggi dalam pertimbangan pemerintah setiap membuat keputusan,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari Rabu, 27 April 2022.

Baca Juga: Presiden Lebaran di Mana? Sudah Dijawab Saat Tinjau Sirkuit Formula E, Jokowi Mudik Tapi Bukan ke Solo

Jokowi sadar bahwa kebijakan larangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng ke luar negeri tentu berdampak negatif juga. Salah satunya berpotensi mengurangi produksi hasil panen para petani.

Namun, Jokowi menegaskan bahwa kebijakan tersebut diambil demi memenuhi pasokan minyak goreng dalam negeri.

“Larangan ini memang menimbulkan dampak negatif, berpotensi mengurangi produksi hasil panen petani yang tak terserap. Namun tujuan kebijakan ini adalah untuk menambah pasokan dalam negeri hingga pasokan melimpah,” terangnya.

Baca Juga: Andika Kangen Band Sudah Maafkan Tri Suaka Tetapi Belum untuk Zinidin Zidan, Ini Alasannya!

Terkait masalah ini, Jokowi mendorong kesadaran industri minyak sawit di tanah air untuk memprioritaskan pemenuhan kebutuhan minyak goreng dalam negeri terlebih dahulu.

Jika dilihat dari kapasitas produksi, menurut mantan Wali Kota Solo itu, kebutuhan minyak goreng dalam negeri dapat tercukupi.

Halaman:

Editor: Rapih Herdiansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini