• Kamis, 7 Juli 2022

3 Cara Obati Sariawan dengan Bahan Alami: Nomor 1 Bahannya Mudah Didapat

- Minggu, 1 Mei 2022 | 20:28 WIB
Ilustrasi - cara mengobati sariawan (Foto: pixabay.com)
Ilustrasi - cara mengobati sariawan (Foto: pixabay.com)
 
NEWSmedia - Sariawan merupakan salah satu penyakit mulut yang sering di alami oleh orang-orang yang tentunya sangat mengganggu ketika sedang makan ataupun minum.
 
Ada beberapa penyebab terjadinya sariawan ini salah satunya yaitu karena terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan pedas dan berminyak.
 
Oleh karena itu, untuk mengobatinya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Namun, ada saja beberapa orang yang langsung konsultasi ke dokter.
 
 
Tapi sebagian orang aja juga yang lebih memilih untuk mengobatinya sendiri dengan menggunakan bahan alami saja.
 
Biasanya sariawan akan hilang dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10–14 hari.
 
Namun, sariawan juga bisa menetap didalam mulut hingga beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas luka.
 
 
Oleh karena itu untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan, Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati sariawan secara alami.
 
Dikutip NEWSmedia dari laman Ala Dokter, berikut 3 cara mengobati sariawan dengan bahan alami:
 
1. Kumur dengan larutan garam
Berkumur dengan larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terkena sariawan.
 
 
Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda.
 
2. Kompres dengan kantong teh chamomile
 
Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptik, yaitu azulene dan evomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.
 
Caranya sangat mudah, yaitu dengan merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat, kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut. Kompres selama kurang lebih 5 menit, sebanyak 3–4 kali sehari.
 
 
3. Oleskan madu
 
Selain chamomile, madu juga memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga baik untuk mengobati sariawan. Anda dapat mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh.
 
Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.
 
Itulah beberapa cara mengobati sariawan dengan cara menggunakan bahan alami. Semoga bermanfaat.***

Editor: Achmad Chamdi

Tags

Artikel Terkait

Terkini