• Kamis, 7 Juli 2022

Kalian Wajib Tahu! Inilah Risiko Diet Yoyo Bagi Kesehatan Tubuh Menurut Para Pakar Kesehatan Dunia

- Jumat, 6 Mei 2022 | 06:38 WIB
Ilsutrasi Diet Yoyo. (Foto: Unplash)
Ilsutrasi Diet Yoyo. (Foto: Unplash)

NEWSmedia – Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa pola makan yang buruk seperti diet yoyo ternyata dapat membahayakan kesehatan jantung.

Diet yoyo adalah diet yang dilakukan seseorang dimana pelakunya dapat menurunkan berat badan dengan cepat, ternyata memiliki risiko tinggi bagi kesehatan.

Diet jenis ini memaksa pelakunya untuk menjalani diet yang tidak sehat serta membatasi jumlah makanan bernutrisi yang harus dikonsumsi.

Baca Juga: Sederet Film yang Pernah Dibintangi Raden Topo Wresniwiro, Pemeran Master Hamir di Doctor Strange

Tentunya pola makan buruk yang ada pada contoh kasus seperti diet yoyo sangat tidak baik untuk dilakukan. Hal ini dapat mebahayakan kesehatan jantung pelakunya.

Dilansir NEWSmedia dari PMJ News, dalam sebuah studi peneliti menguji efek penurunan berat badan dan penambahan berat badan berulang pada hewan pengerat dengan membatasi kalori untuk sementara waktu, kemudian menambah jumlah kalori.

Pola ini diulang sebanyak tiga kali untuk mengatur situasi yang sama seperti yang terjadi pada diet yoyo.

Para peneliti menemukan ternyata hewan uji mengalami berbagai masalah kesehatan yang cukup serius. Itu meliputi penurunan fungsi jantung dan risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiometabolik.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Liverpool vs Real Madrid Liga Champions Berikut H to H Sepanjang Masa

“Tubuh sangat fleksibel dan cenderung untuk menyesuaikan tetapi jika dalam keadaan kronis beberapa organ dapat kehilangan kemampuan penyesuaiannya,” Jelas Aline MA de Sauza, salah satu penulis studi dan Asisten Profesor di Departemen Kedokteran Georgetown University Medical Center.

Halaman:

Editor: Adam Adhary Abimanyu

Tags

Artikel Terkait

Terkini