Tuai Hasil Positif, BRI Group Catatkan Laba Bersih Triwulan Pertama 2022 Rp12,22 Triliun, Ini Strateginya

- Jumat, 13 Mei 2022 | 22:10 WIB
CEO BRI Group, Sunarso (Humas BRI)
CEO BRI Group, Sunarso (Humas BRI)

NEWSmediaBRI Group mampu mencatatkan kinerja yang positif di tengah kondisi ekonomi yang penuh ketidakpastian. Kunci keberhasilan tersebut tidak terlepas dari transformasi digital dan transformasi culture yang dilakukan.

Hal itu diungkapkan CEO BRI Group, Sunarso dalam acara Halal Bi Halal BRI bersama Pemimpin Redaksi Media yang diselenggarakan di Jakarta pada Jumat, 13 Mei 2022.

Kemampuan BRI dalam menyeimbangkan transformasi dengan tetap fokus pada core business nya tercermin dari kinerja cemerlang yang dibukukan oleh perseroan.

Baca Juga: Coca Cola Europacific Partner Indonesia Pakai Layanan BRI, Bukti Bank Rakyat Indonesia Masuk Kelas Dunia

Pada triwulan pertama 2022, perseroan mampu mencatatkan laba bersih konsolidasian senilai Rp12,22 triliun atau tumbuh sebesar 78,13 persen year on year (yoy). Sementara untuk asset, pada akhir Maret 2022,tercatat Aset BRI mencapai sebesar Rp1.650,28 triliun atau tumbuh 8,99 persen yoy.

“Transformasi ini tak mudah, tetapi akan sukses kalau 4 hal dipenuhi. Pertama jelas ada proyek yang ditransformasi, kedua ada pemimpin yang menggerakkan, ketiga seluruh anggota teamnya buy in atau menghendaki dan keempat transformasi itu harus jadi sistem," kata Sunarso.

"Objek yang ditransformasi hanya 2, digital dan culture, digital basisnya IT, ada pabrik dan vendor. Culture harus dibangun, makanya dibutuhkan pemimpin yang jadi role model untuk perubahan culture yang fit di era digital,” imbuh Sunarso.

Baca Juga: Financial Data Challenge 2022 BRI, Ajang Bagi SDM Data Scientist untuk Berkompetisi Ciptakan Inovasi Teknologi

Diketahui, BRI memiliki 9 perusahaan anak yang tergabung dalam BRI Group, di antaranya Bank Raya (sebelumnya bernama BRI Agro), BRI Remittance, BRI Life, BRI Finance, BRI Ventures, BRI Danareksa Sekuritas, BRI Insurance, Pegadaian dan PNM (Permodalan Nasional Madani).

Pegadaian dan PNM sendiri baru bergabung pada September 2021 lalu sebagai upaya untuk membentuk sinergi ekosistem ultra mikro.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini