Meski Sudah Dibolehkan Tak Pakai Masker, Pemesanan Masker di Aplikasi Belanja Online Tetap Tinggi

- Jumat, 20 Mei 2022 | 14:59 WIB
Pemesanan Masker di Aplikasi Belanja Online masih tinggi  (foto: tokopedia)
Pemesanan Masker di Aplikasi Belanja Online masih tinggi (foto: tokopedia)
NEWSmedia - Presiden Jokowi telah mengambil kebijakan bahwa masyarakat diperbolehkan beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan masker.
 
Kebijakan boleh tak beraktivitas tanpa masker di luar ruangan disampaikan Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 17 Mei 2022.
 
Presiden Jokowi menegaskan keputusan boleh tak memakai masker tersebut diambil sejalan dengan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang kian terkendali.
 
 
Namun, tampaknya masker masih menjadi salah satu kebutuhan yang tetap dicari oleh sejumlah masyarakat Indonesia.
 
Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya transaksi jual beli masker pada aplikasi belanja online. Salah satunya Tokopedia.
 
Seperti info yang diterima NEWSmedia, Jumat 20 Mei 2022. Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyatakan bahwa Tokopedia mencatat, Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Elektronik dan Fashions menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal I 2022. 
 
 
Ekhel mengungkapkan bahwasanya masker masih banyak dicari oleh para pengguna Tokopedia di sejumlah daerah.
 
"Untuk kategori kesehatan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai, serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari," ungkap Ekhel Jumat, 20 Mei 2022.
 
Besar kemungkinan, masih banyaknya pemesanan masker lantaran Presiden mengimbau untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker.
 
 
Presiden pun menyarankan kepada masyarakat kategori rentan, lansia, dan memiliki gejala batuk dan pilek untuk tetap menggunakan masker ketika beraktivitas di mana pun. 
 
Lebih jauh diungkapkan Ekhel, sementara pada kategori rumah rangga, produk yang paling laris, antara lain bantal kepala, stop kontak, dan benih/bibit tanaman.
 
Sedangkan di kategori makanan dan minuman adalah minyak goreng, mie instan, serta buah-buahan yang menjadi produk paling laku.
 
 
“Kami mencatat pengiriman antar pulau pun semakin meningkat di kuartal I 2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua,” jelas Ekhel.
 
Menurut, tren belanja di Tokopedia turut didorong oleh deretan inisiatif, contohnya Home Living SALEbrations, yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, juga Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan. 
 
Selain itu, lanjut dia, Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. 
 
 
Juga Tokopedia Nyam! di mana masyarakat bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman, dan efisien. 
 
Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar bisa bangkit bersama dan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tandas Ekhel. ***

Editor: Achmad Chamdi

Tags

Artikel Terkait

Terkini