• Kamis, 7 Juli 2022

Apa itu Virus Cacar Monyet? Virus yang Sudah Tersebar di Berbagai Negara di Dunia, Simak Penjelasannya

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:37 WIB
Waspada! virus cacar monyet saat ini sudah tersebar di 11 negara di Eropa.  (Foto: Hello sehat)
Waspada! virus cacar monyet saat ini sudah tersebar di 11 negara di Eropa. (Foto: Hello sehat)

NEWSmedia – Baru-baru ini virus cacar monyet menjadi perbincangan yang hangat dibicarakan di berbagai platform media online.

Pasalnya, virus cacar monyet saat ini menjadi momok menakutkan, diketahui virus tersebut sudah tersebar di berbagai negara di Eropa.

Cacar monyet adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus ‘Monkeypox’, yang merupakan bagian dari genus orthopoxvirus.

 Baca Juga: Waspada! Ketahui Tanda, Penyebab, dan Cara Pencegahan Virus Cacar Monyet

Hewan Monyet merupakan inang utama dalam kasus ini, yang menyebabkan infeksi ringan pada penderita cacar monyet.

Tahun 1958 para Ilmuwan mengidentifikasi cacar monyet untuk yang pertama kalinya, dari hasil penelitian ada dua wabah diantara monyet yang diteliti, dan penyebab cacar monyet.

Cacar monyet pertama kali menyerang manusia, di Republik Demokratik Kongo,  pada tahun 1970. Cacar monyet disebut juga ‘zoonosis’ karena dapat menular dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya.

 Baca Juga: 5 Penyebab Bayi Baru Lahir dengan Berat Badan Rendah Menurut Dokter Saddam Ismail, Nomor 4 Faktor Bayi Kembar

Kabarnya, sebagian besar terjadi di daerah tropis seperti Afrika Barat dan Afrika Tengah, dan bagi anda yang baru-baru ini melakukan perjalanan kesana, disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Pada tahun 2021 dikonfirmasi ada beberapa kasus yang terjadi di Amerika Serikat, walaupun kasus ini sebenarnya jarang terjadi disana.

Halaman:

Editor: Achmad Chamdi

Tags

Artikel Terkait

Terkini