• Kamis, 7 Juli 2022

Kenali Penyebab Penularan Cacar Monyet: Virus Ini Dapat Menular dari Manusia ke Manusia

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 17:10 WIB
Ilustrasi cacar monyet (Pixabay/ qimono)
Ilustrasi cacar monyet (Pixabay/ qimono)

NEWSmedia – Kasus cacar monyet (Monkeypox virus) ditemukan oleh manusia pertama kali di Republik Demokratik Kongo pada tahun 1970.

Virus cacar monyet ditemukan aktif di daerah tropis, pedesaan di Afrika Barat dan Afrika Tengah sejak tahun 1970, dan telah terjadi di berbagai negara seperti Kamerun dan Benin.

Selain itu juga terjadi di Negara Gabon, Liberia, Nigeria, Sierra Leone, Sudan Selatan, dan Republik Afrika Tengah.

Baca Juga: Apa itu Virus Cacar Monyet? Virus yang Sudah Tersebar di Berbagai Negara di Dunia, Simak Penjelasannya

Cacar monyet disebabkan oleh virus ‘Monkeypox virus’, yang termasuk bagian dari ‘genus orthopoxvirus’ dan salah satu yang termasuk virus di dalamnya adalah cacar monyet.

Ada 2 varietas cacar monyet yang berbeda yaitu Cekungan Kongo dan tipe Afrika Barat, di mana masing-masing memiliki tingkat kematian yang berbeda-beda.

Cekungan Kongo memiliki tingkat kematian 10%, sedangkan Afrika memiliki tingkat kematian lebih rendah, yaitu sebesar 1%.

Baca Juga: Waspada! Ketahui Tanda, Penyebab, dan Cara Pencegahan Virus Cacar Monyet

“Cacar monyet berada dalam keluarga virus yang sama dengan cacar," Dr. Robert Glatter, dokter darurat di Rumah Sakit Lenox Hill di New York.

Glatter juga mengungkapkan meskipun infeksi yang disebabkan cacar monyet biasanya lebih ringan daripada cacar pada umumnya, namun dapat menular diantara orang-orang melalui kontak langsung.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini