• Sabtu, 2 Juli 2022

Perkuat Financial Advisory, Cara BRI Memakmurkan Ekonomi Desa

- Rabu, 25 Mei 2022 | 13:59 WIB
Perkuat Financial Advisory, Cara BRI Memakmurkan Ekonomi Desa
Perkuat Financial Advisory, Cara BRI Memakmurkan Ekonomi Desa

NEWSmedia - Pengelolaan bisnis saat ini semakin kompleks seiring perkembangan teknologi. Situasi ini perlu dibarengi dengan kemampuan pengelolaan potensi bisnis yang terbagi dalam wilayah-wilayah terkecil. 

Penguasaan data dan informasi pada suatu wilayah tanggungjawab terkecil harus lengkap dan faktual bahkan digital. Hal tersebut diungkapkan Direktur Bisnis Mikro BRI Supari. 

Menurutnya, Dulu, saat teknologi dokumentasi masih manual dan sangat sederhana, lahirnya ketentuan pokok Agraria, undang-undang terkait Gula hingga tata ruang lahan pertanian termasuk kehutanan telah menimbulkan konsekuensi positif atas perekonomian khususnya Jawa.

Baca Juga: Coming Soon! Konser Westlife di Indonesia, Tiketnya Sudah Bisa Dibeli! Cek Harga dan Jadwalnya di Sini

Pulau Jawa yang berbukit, curah hujan tinggi, dengan penduduk padat berhasil dikelola dengan sistem administrasi warisan Hindia Belanda untuk keuntungan ekonomi dan sosial.

Menguasai Wilayah Terkecil Suatu Bisnis

Bagaimana bisa? Pengelolaan wilayah direpresentasikan dengan pembagian lahan produktif dan non produktif, ada persawahan, ladang, kebun dan tanah-tanah hutan.

Tata kelola hutan misalnya, dibagi dalam unit-unit wilayah yang dikelola oleh kesatuan tertentu. Mulai dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), Resor Pengelolaan Hutan (RPH) hingga petak-petak hutan.

Baca Juga: Mesut Ozil ada di Banten, Datang ke Pabrik Sepatu di Cikupa Tangerang dan Jatuh Cinta dengan Masakan Indonesia

Rancang bangun wilayah hutan yang produktif dimulai dari identifikasi dan inventarisasi tipe lahan, aliran sungai dan sosial budaya ekonomi masyarakat setempat. Luas area KPH setara administrasi kota/kabupaten di suatu provinsi, sedangkan RPH setara administrasi desa/kelurahan di suatu kecamatan.

Halaman:

Editor: Fauzan KR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapan Gaji 13 Cair? Cek Tanggal Resminya di Sini

Kamis, 23 Juni 2022 | 14:46 WIB