• Kamis, 7 Juli 2022

Teks Khutbah Jumat Akhir Mei 2022 Penuh Makna dengan Tema: Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain

- Kamis, 26 Mei 2022 | 11:00 WIB
Ilustrasi khutbah Jumat  (Pixabay/ Semtiyar)
Ilustrasi khutbah Jumat (Pixabay/ Semtiyar)

NEWSmedia - Berikut ini adalah contoh teks khutbah Jumat akhir bulan Mei 2022 yang bisa dijadikan referensi dengan tema 'Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain'.

Materi khutbah Jumat akhir bulan Mei 2022 ini mengusung tema 'Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain' yang tentunya terbaik dan menyentuh hati.

Dilansir NEWSmedia dari laman NU Online Kamis, 26 Mei 2022 berikut khutbah Jumat akhir bulan Mei 2022 dengan tema 'Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain' bisa dijadikan bahan referensi khutbah.

Khutbah I

الحَمْدُ لِلّٰهِ الْمَلِكِ الدَّيَّانِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ أَمَّا بَعْدُ، عِبَادَ الرَّحْمٰنِ، فَإنِّي أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ المَنَّانِ، الْقَائِلِ فِي كِتَابِهِ الْقُرْآنِ: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِّنَ الظَّنِّۖ اِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ اِثْمٌ وَّلَا تَجَسَّسُوْا وَلَا يَغْتَبْ بَّعْضُكُمْ بَعْضًاۗ اَيُحِبُّ اَحَدُكُمْ اَنْ يَّأْكُلَ لَحْمَ اَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ تَوَّابٌ رَّحِيْمٌ (الحجرات: ١٢)

Baca Juga: Siapkan KTP, Login eform.bri.co.id dan Dapatkan BLT UMKM Rp600 Ribu dari Pemerintah

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Sekarang ini kita menyaksikan, betapa mudahnya seseorang membuka aib sesama, melempar tudingan, mencari-cari kesalahan orang lain, menyebarluaskannya dan bahkan menjadikannya sebagai lelucon, tanpa menyadari akan bahayanya.

Mereka berbicara tanpa mengindahkan larangan agama, berbicara tanpa fakta nyata dan hanya mengikuti hawa nafsunya saja. Mereka tidak menyadari bahwa semua perkataan yang mereka ucapkan kelak akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

Salah satu bahaya lisan yang sedang merebak luas adalah tentang ghibah. Ini terjadi di mana saja, baik di pasar, warung, halaman rumah, dapur, ruang tamu, tempat kerja, dan bahkan di masjid dan mushala.

Baca Juga: Viral! Diduga Meniru, Inilah 6 Kemiripan Poster Film Thor: Love and Thunder dengan Poster Film Ashiap Man

Halaman:

Editor: Fauzan KR

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini