6 Tanda Gejala Tubuh Alami Keracunan Makanan Menurut dr. Saddam Ismail, Simak Disini

- Minggu, 29 Mei 2022 | 17:45 WIB
Simak 6 tanda gejala keracunan makanan menurut dr. Saddam Ismail (Sumber foto: pexels)
Simak 6 tanda gejala keracunan makanan menurut dr. Saddam Ismail (Sumber foto: pexels)

NEWSmedia – Pernahkah kamu merasakan atau melihat orang lain keracunan makanan? Keracunan makanan dapat dialami oleh siapa saja baik anak-anak, orang dewasa, lansia, hingga ibu hamil.

Namun yang paling rentan keracunan makanan biasanya adalah anak-anak, lansia dan ibu hamil, karena sistem imun yang ada pada tubuh mereka terbilang lemah daripada orang dewasa.

Untuk mengetahui apa saja tanda atau gejala yang ditimbulkan dari keracunan makanan. Berikut NEWSmedia rangkum dari channel YouTube Sadaam Ismail pada 29 Mei 2022.

Baca Juga: 6 Bahan Campuran Masker Tomat untuk Kesehatan Kulit, Salah Satunya dengan Madu Agar Cerah dan Glowing

Keracunan dapat terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus, parasit ataupun jamur.

Pada saat makanan terkontaminasi maka tubuh akan mengalami infeski sehingga mengalami beberapa gejala ketika tubuh keracunan makanan.

1. Mual dan muntah
Mual dan muntah merupakan gejala umum yang terjadi pada saat keracunan makanan, respon reflek dari tubuh untuk mengeluarkan kuman.

Baca Juga: 9 Kesalahan Memakai Serum Bagi Pemula Menurut Dokter Rechard Lee, Nomor 5 Paling Sering Dilakukan

Ketika mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi maka sistem pencernaan akan mengirim sinyal ke otak bahwa makanan tersebut berbahaya.

Sehingga bagian tubuh lain akan mengeluarkan sinyal untuk merespon rasa mual dan muntah.

2. Perut mulas dan kram
Jika meminum atau memakan sesuatu, kemudian dalam beberapa jam perut terasa melilit, mules ataupun keram, hal itu dapat menandakan bahwa makanan atau minuman yang dikonsumsi terkontaminasi.

Sehingga tubuh akan segera mengeluarkannya agar cepat BAB, sistem pencernaan akan mengirim ke otak, kemudian otak akan memerintahkan organ-organ tertentu untuk segera mengeluarkan makanan.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta: Elsa Hampir Mengungkap Hasil Tes Milik Keisya, Nino Mendalami Kasus Rem Blong Mobilnya

3. Diare
Diare dapat terjadi beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan / minuman yang terkontaminasi juga bisa 1-2 hari setelahnya.

“Diare sebenarnya merupakan respon alami tubuh untuk membuang ataupun segera mengeluarkan bakteri, virus, parasit yang menginfeksi sitem pencernaan” Kata dr. Saddam Ismail dalam kanal youtubenya.

Halaman:

Editor: Achmad Chamdi

Tags

Artikel Terkait

Terkini