• Minggu, 4 Desember 2022

Mau Wisata ke Candi Borobudur? Simak Kabar Terbaru Hingga Harga Tiket Masuk 2022 di Sini

- Minggu, 5 Juni 2022 | 18:58 WIB
Candi Borobudur (Pixabay/ maulanaiskak)
Candi Borobudur (Pixabay/ maulanaiskak)

NEWSmedia - Candi Borobudur merupakah salah satu tempat wisata yang terkenal di wilayah Jawa Tengah, khususnya Magelang.

Wisata yang sudah cukup lama menarik minat wisatawan lokal maupun asing ini tengah menjadi sorotan, salah satunya mengenai tiket masuk yang diusulkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 USD untuk wisman dan turis domestik sebesar Rp750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," kata Luhut dikutip NEWSmedia dari akun Instagram pribadi miliknya pada Minggu, 5 Juni 2022.

Baca Juga: Tentang Tebet Eco Park, Tempat Wisata di Jakarta dengan Sarana Taman Bermain Anak yang Luas dan Gratis

Berdasarkan pernyataan tersebut, tidak hanya harga tiket wisatawan yang berkunjung di Candi Borobudur,baik itu untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Luhut juga memberikan batasan pada jumlah pengunjung tiap harinya. Menurutnya, meski jumlah pengunjung dibatasi, ia meyakini tingkat kunjungan pelancong bakal tetap tinggi karena kawasan Candi Borobudur telah ditata dengan menarik.

Rencana ini pun menimbulkan keriuhan publik karena dinilai harga tiketnya terlalu mahal.

Baca Juga: Serba Serbi Tebet Eco Park Wisata Jakarta yang Instagramable: Cek Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas, dan Jam Buka

Mengutip website resmi borobudurpark.com, tarif tiket untuk orang usia 10 tahun ke atas sebesar Rp50.000 atau naik 700 persen dan usia 3 sampai 10 tahun sebesar Rp25.000, naik 725 persen.

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan kebijakan ini diambil berdasarkan rekomendasi dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan banyak pakar.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini