• Sabtu, 20 Agustus 2022

Gak Bikin Berat Badan Naik, Ini 5 Cemilan Sehat dan Rendah Kolestrol yang Bisa Dibuat di Rumah

- Senin, 6 Juni 2022 | 06:45 WIB
Ilustrasi cemilan sehat untuk tubuh (pexel.com)
Ilustrasi cemilan sehat untuk tubuh (pexel.com)
NEWSmedia - Inilah sederet cemilan sehat dan rendah kolestrol untuk kamu yang ingin kenyang tanpa khawatir berat badan bertambah atau keesehatan terganggu. 
 
Berikut ini akan dijelaskan beberapa camilan yang rendah kolesterol dan baik untuk dikonsumsi saat kamu santai atau menemani aktivitasmu.
 
Kolesterol mempunyai fungsi yang penting untuk tubuh. Akan tetapi jika kadar kolesterol melebihi batas normal, maka akan menumpuk dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.
 
 
Dilansir NEWSmedia dari American Heart Association (AHA), direkomendasikan untuk membatasi asupan lemak jenuh dari makanan seperti daging dan susu tidak lebih dari 5-6 persen dari kalori harian. Jumlah ini setara dengan 11-13 gram untuk seseorang yang makan 2.000 kalori.
 
Serat dan lemak sehat bisa diperoleh dari makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan yang bisa membantu mempertahankan kadar kolesterol tetap dalam kisaran yang sehat.
 
Berikut ini adalah daftar camilan sehat dan rendah kolesterol yang bisa dibuat sendiri di rumah.
 
 
1. Popcorn
Popcorn yang terbuat dari jagung mengandung serat tinggi yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol Anda. Popcorn juga memiliki lebih banyak serat dari pada roti gandum atau beras merah.
 
Makanan ini juga merupakan camilan rendah kalori jika disiapkan dengan benar dan dimakan dalam jumlah yang cukup. Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan minyak zaitun dan sedikit keju Parmesan pada popcorn.
 
2. Kacang
Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan camilan yang bagus ketika Anda ingin menurunkan kolesterol. Almond dan kenari merupakan pilihan yang baik jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
 
 
Ingatlah bahwa kacang memiliki kadar kalori yang tinggi, jadi pastikan untuk tetap menggunakan satu porsi ukuran sekitar 1 ons, tidak lebih dari 24 almond atau 14 kenari.
 
3. Sayuran
Sayuran memiliki kadar serat, vitamin dan mineral yang berkontribusi dengan baik pada kesehatan tubuhm
 
Sayuran juga rendah lemak, natrium, kolesterol, dan kalori, yang semuanya berkontribusi pada penyakit jantung.
 
 
4. Keripik Kentang
Orang cenderung menganggap keripik kentang terlarang untuk menjaga kolesterol tinggi tetap terkendali. Namun ternyata kentang sendiri rendah kalori, tinggi serat, dan penuh dengan potasium sertavmineral yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.
 
Anda bisa membuat keripik kentang dengan cara dipanggang. Bumbui secara sederhana dengan minyak zaitun yang menyehatkan jantung dan rempah-rempah seperti rosemary sebelum memasukkannya ke dalam oven.
 
5. Oatmeal
Jangan pernah menganggap oatmeal sebagai makanan sarapan saja. Anda dapat memakan camilam satu ini kapan saja untuk membantu menurunkan kolesterol.
 
 
Oatmeal mengandung serat larut khusus yang menyerap kolesterol dan membantu memindahkannya melalui sistem pencernaan tanpa diserap ke dalam tubuh.***
 

Editor: Ilah Rohilah

Tags

Artikel Terkait

Terkini