• Minggu, 4 Desember 2022

Mahasiswa Prodi PPKn Unbaja Ikuti Sidang Paripurna DPRD Provinsi Banten, Disambut Baik Ketua Dewan

- Selasa, 7 Juni 2022 | 21:21 WIB
Mahasiswa Prodi PPKn Unbaja Ikuti Sidang Paripurna DPRD Provinsi Banten
Mahasiswa Prodi PPKn Unbaja Ikuti Sidang Paripurna DPRD Provinsi Banten

NEWSmedia - Mahasiswa Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melakukan Visit Class ke DPRD Provinsi Banten, Selasa 7 Juni 2022.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 37 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kebijakan Publik untuk mengikuti langsung kegiatan Rapat Paripurna dengan agenda Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pembahasan DPRD Terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.

Sebelum mengikuti sidang paripurna, Ketua DPRD Provinsi Banten, Andra Soni menyambut baik kehadiran Mahasiswa PPKn FKIP Unbaja dalam rangka visit class mata kuliah kebijakan publik tersebut.

Baca Juga: HMTL Unbaja Rayakan Anniversary ke-7, Kampanyekan Peduli Lingkungan yang Asri dan Bersih

Andra Soni mengatakan bahwa kegiatan ini mendukung program merdeka belajar sehingga mahasiswa PPKn Unbaja dapat mengenal dan memhamai secara langsung salah satu tahapan proses pengambilan kebijakan di daerah.

“Hal ini juga mengacu pada kebijakan Kemenristekdikbud terkait merdeka belajar - kampus merdeka. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi merdeka belajar yang mana mahasiswa belajar bukan hanya di kelas atau di kampus melainkan study lapangan, magang, dan belajar di ruangan yang berkaitan langsung dengan mata kuliah tersebut," kata Andra.

Andra Soni juga memaparkan kedudukan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah sehingga dalam proses pegambilan kebijakan melalui proses yang panjang.

Baca Juga: Dosen Hukum Unbaja: Putusan KI Dapat Dieksekusi Melalui Surat dari PTUN

"Kami juga mengajak mahasiswa untuk dapat melek politik dan dapat berpartisipasi dengan memberikan berbagai kajian yang bersifat konstruktif bagi pemerintahan Provinsi Banten," ucapnya.

Sementara itu, Direktur I Bidang Akademik Unbaja, Sutanto memberikan dukungan dan mendampingi rombongan dosen dan mahasiswa PPKn Unbaja untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang sangat baik dari kegiatan visit class ini untuk dapat lebih meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah publik dan alternatif penyelesaiannya.

“Bahwa dalam konteks merdeka belajar, DPRD memberikan kesempatan bagi mahasiswa FKIP UNBAJA terutama PKn untuk melakukan visit class sebagai bentuk aplikasi mata kuliah kebijakan publik dan DPRD merupakan salah satu aktor dalam menghasilkan kebijakan publik di pemerintah provinsi Banten.” Ujarnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini