• Selasa, 16 Agustus 2022

Festival Budaya Saijaan, Wujudkan Kotabaru Sebagai Destinasi Wisata Utama di Kalimantan Selatan

- Rabu, 8 Juni 2022 | 21:43 WIB
Festival Budaya Saijaan (Instagram/ @fbs_kotabaru)
Festival Budaya Saijaan (Instagram/ @fbs_kotabaru)

NEWSmediaKotabaru merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang kaya akan budaya.

Dengan kekayaan budaya tersebut, Kotabaru diyakini bisa menunjang pariwisata daerah maupun nasional dengan pesona kearifan budaya yang dimiliki oleh daerah tersebut.

Pada tahun 2013, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru mengusung Festival Budaya Saijaan.

Baca Juga: Tentang Tebet Eco Park, Tempat Wisata di Jakarta dengan Sarana Taman Bermain Anak yang Luas dan Gratis

Festival ini memiliki maksud sebagai motto daerah 'Saijaan' yang berasal dari Bahasa Banjar dan berarti menggambarkan masyarakat Kotabaru yang berusaha untuk selalu semufakat, satu hati, dan se-iya sekata.

Sesuai dengan motto tersebut, warga Kotabaru sekaligus Kalimantan Selatan menyepakati untuk menyelenggarakan festival ini setiap tahunnya.

Sebagai event tahunan, FBS tahun 2022 menjadi simbol akan ragam potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kotabaru.

Baca Juga: Mau Wisata ke Candi Borobudur? Simak Kabar Terbaru Hingga Harga Tiket Masuk 2022 di Sini

Ditambah keberagaman etnis, adat istiadat dan heterogen masyarakatnya yang mengusung Motto SA-IJAAN (seiya sekata, sejalan setujuan) sesuai dengan lambang dan logo Kabupaten Kotabaru.

Dikutip dari akun instaram @eventkalsel, terdapat berbagai sajian menarik dalam Festival Budaya Saijaan Kharisma Event Nusantara pada tahun 2022 ini, di antaranya Pawai Budaya & Fashion Carnaval, Pawai Budaya Kab/Kota Se-Kalsel, Lomba Fashion Carnaval on Stage Bahan Daur Ulang, Gelar Seni Multi Etnis Kotabaru, Pertunjukan Seni Kab/Kota Se-Kalsel, Atraksi Balogo seKalsel, dan Gelar Pertunjukan Kesenian 5 Provinsi dan Negara Undangan.

Halaman:

Editor: Ahmad Hipni

Tags

Artikel Terkait

Terkini